Home Tabalong Hari Ini Dispersip Gali Sejarah Terbentuknya Tabalong dari Keluarga Penuntut

Dispersip Gali Sejarah Terbentuknya Tabalong dari Keluarga Penuntut

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong, melalui bidang kearsipan, kembali melakukan hunting arsip pada Selasa, 7 November 2023. Kali ini, tim Dispersip menggali informasi dan sejarah penuntut Kabupaten Tabalong.

Penggalian sejarah terbentuknya para penuntut Tabalong dilakukan oleh tim hunting kepada Iriani As’ad, yang merupakan anak penuntut Tabalong almarhum Haji As’ad, di Jalan Permata Dua, Kelurahan Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Dengan didampingi jajaran Kelurahan Pembataan, enam orang petugas kearsipan melakukan wawancara secara langsung kepada Iriani As’ad.

Berbagai informasi digali, mulai dari sejarah hingga berbagai dokumen penting terkait terbentuknya penuntut Tabalong.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong, Norhayati, menuturkan bahwa hunting arsip dilakukan untuk menata dan menyimpan dokumen-dokumen atau merekam sejarah penting yang diharapkan dapat menjadi ilmu pengetahuan bagi generasi penerus.

“Kami melakukan hunting arsip adalah untuk menata dokumen-dokumen bersejarah dari berbagai bidang sebagai sarana pengetahuan untuk masyarakat khususnya Tabalong. Hunting arsip kali ini dilakukan kepada keturunan penuntut Tabalong yang kami nilai memiliki kontribusi besar dalam pembentukan daerah Tabalong.” ujar Norhayati, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong.

Sementara itu, Iriani As’ad menyambut baik upaya pemerintah daerah melalui hunting arsip ini. Menurutnya, nilai sejarah pembentukan Tabalong perlu dilestarikan sehingga masyarakat dapat lebih mengenal tokoh-tokoh pembangunan Tabalong.

Baca Juga  M. Fitri Hernadi Dilantik Jadi PJ Sekda Tabalong, Ini Pesan Hamida…

“Aku sebagai anak penuntut Kabupaten Tabalong dengan senang hati didatangi kesini dan aku menceritakan apa-apa yang ku ketahui aja apa yang sudah ku ketahui dan ku alami yang sebelumnya aku tidak bisa menceritakan dengan benar, jadi aku menceritakan apa adanya. Mulai dari susunan yang pertama kedua dan perubahan-perubahan urang-urangnya yang ku kenal yang kusebut tadi dan aku melihat, dan aku pernah mengikuti rapat-rapat waktu rapatnya kan dirumah kami di Agung.” ujar Iriani As’ad, Keturunan Penuntut Tabalong.

Iriani As’ad juga berharap pemerintah dapat memberikan perhatian lebih kepada para keturunan penuntut, khususnya bagi mereka yang status hidupnya di bawah standar sejahtera.

Diketahui, penuntut Tabalong merupakan perkumpulan masyarakat Tabalong yang menginisiasi dan memperjuangkan terbentuknya daerah Tabalong yang otonom sejak tahun 1958.

Berkat kegigihan para penuntut, pada tanggal 1 Desember 1965, daerah otonomi tingkat II Tabalong berhasil diresmikan, yang ditandai dengan dibukanya papan nama oleh Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah, Doktor Soemarno Sosro Atmodjo.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment