Home Tabalong Hari Ini Diskominfo Antisipasi Ancaman Keamanan Siber Pemkab Tabalong

Diskominfo Antisipasi Ancaman Keamanan Siber Pemkab Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Komunikasi dan Informatika Tabalong menggelar sosialisasi pelaksanaan persandian untuk keamanan informasi di pemerintahan pada Rabu, 13 Desember 2023, di Pendopo Bersinar Pembataan Kecamatan Murung Pudak.

Sosialisasi pelaksanaan persandian untuk keamanan informasi di pemerintahan disampaikan langsung oleh Tony Haryanto, yang merupakan Sandiman Pertama pada Direktorat Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah, Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia.

Melalui sosialisasi ini, disampaikan materi tentang social engineering yang berkaitan dengan keamanan siber, akun, dan data di pemerintahan Kabupaten Tabalong, hingga cara mengatasi dan meminimalisir ancaman keamanan siber tersebut.

Kepala Diskominfo Tabalong, Arianto, menyampaikan bahwa kebutuhan ke depan yang berkaitan dengan sistem siber merupakan suatu keharusan dan pasti akan dilaksanakan di pemerintahan. Sehingga melalui sosialisasi ini, pemerintah dapat mengantisipasi secara dini tentang keamanan siber.

“Dalam kaitan dengan penyelenggaraan e-government, SPBE, mau tidak mau kebutuhan ke depan sebuah keniscayaan. Kita tidak lagi bisa mengandalkan sistem-sistem konvensional yang selama ini berjalan. Mau tidak mau transformasi penyelenggaraan pemerintah itu akan mendasari kesitu, AI, komputer, internet, itu mau tidak mau akhirnya yang kita diskusikan hari ini menjadi sebuah keharusan, menjadi sebuah keniscayaan. Jadi mau tidak mau kita harus bertransformasi kesana.” ujar Arianto, Kepala Diskominfo Tabalong.

Baca Juga  Bupati Tabalong dan Ketua DPRD Tabalong Apresiasi Lomba Mancing Antar SKPD

Kegiatan ini diikuti sebagian besar tenaga teknis di SKPD terkait yang berkecimpung langsung dalam sistem elektronik milik Pemerintah Kabupaten Tabalong.

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment