Home Tabalong Hari Ini Dinas Kesehatan Ingatkan Isu Soal Kesehatan yang Kian Meningkat

Dinas Kesehatan Ingatkan Isu Soal Kesehatan yang Kian Meningkat

by Muhammad Rais
0 comment

Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, Dokter Taufiqurrahman Hamdie, mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Tabalong untuk mewaspadai permasalahan kesehatan yang disebabkan oleh lingkungan. Pasalnya, kini banyak penyakit lama yang kembali bermunculan akibat perubahan lingkungan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, Dokter Taufiqurrahman Hamdie, saat menjadi pembina apel gabungan Aparatur Sipil Negara di lingkup Pemerintah Kabupaten Tabalong, Senin, 6 November 2023, di halaman Pendopo Bersinar Pembataan.

Di hadapan ratusan ASN, Taufiq menjelaskan penyakit menular seperti SARS, COVID, dan penyakit yang sudah hampir punah seperti campak dan polio kembali meningkat.

Menurutnya, munculnya penyakit ini salah satunya disebabkan oleh permasalahan lingkungan hidup yang tidak sehat.

Dimana faktor lingkungan dapat menyebabkan tejadinya mutasi pada penyakit, dan faktor prilaku dapat menyebabkan tubuh terserang penyakit.

“Faktor lingkungan yang disebabkan oleh kerusakan alam ini sangat berpengaruh sekali terhadap kehidupan manusia, yang perlu kita perhatikan yang muncul dari pribadi kita sendiri adalah masalah perilaku kesehatan ini yang menentukan. Kalau kita bisa berpola hidup bersih dan sehat, insyaallah kita juga bisa mengendalikan penyakit-penyakit yang ada terhadap triple burden tadi,” ujar dr. Taufiqurrahman Hamdie, Kadinkes Tabalong.

Dokter Taufiq menambahkan untuk menghindari penyakit yang saat ini sedang meningkat, terdapat lima pilar Gerakan Masyarakat Sehat yang perlu diperhatikan, seperti rutin melakukan cek kesehatan minimal 6 bulan sekali, menjauhkan asap rokok, rajin melakukan aktivitas fisik, diet gizi seimbang, istirahat yang cukup, dan kelola stres.

Baca Juga  Demi Tingkatkan Pelayanan, PT AMTB Lakukan Penyesuaian Tarif Air

Selain itu, Dokter Taufiq juga mengingatkan para ASN untuk mewaspadai penyakit tidak menular yang saat ini juga semakin meningkat, seperti penyakit hipertensi atau stroke, diabetes melitus, obesitas, hiperlipidemia, dan sebagainya.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment