Home Tabalong Hari Ini Bulan Agustus 2023, Inflasi Tabalong Masuk 10 Terendah se-Indonesia

Bulan Agustus 2023, Inflasi Tabalong Masuk 10 Terendah se-Indonesia

by Muhammad Rais
0 comment

Bupati bersama Wakil Bupati Tabalong dan Tim Pengendali Inflasi Daerah Kabupaten Tabalong, mengikuti Rapat Koordinasi Mingguan Pengendalian Inflasi minggu ke-5 bulan Agustus tahun 2023 secara virtual yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri. Pada rakor tersebut disampaikan bahwa Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, masuk dalam 10 kabupaten terendah inflasi se-Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, saat memimpin Rapat Koordinasi Mingguan Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual pada Senin, 4 September 2023.

Rapat ini diikuti oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, didampingi Wakil Bupati Tabalong, bersama Sekretaris Daerah, beserta jajaran Tim Pengendali Inflasi Daerah Kabupaten Tabalong, di Balai Rakyat Haji Dandung Sukhrowardi, Kelurahan Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Rakor ini juga diikuti oleh seluruh provinsi, kabupaten/kota, serta Forkopimda tingkat provinsi kabupaten/kota, dan menghadirkan berbagai narasumber dari pusat, seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, TNI, POLRI, Kejaksaan Agung, BPS, BPN, dan Perumda Bulog.

Dalam rapat ini dibahas mengenai indeks bulan Agustus 2023 di seluruh provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia. Berdasarkan hasil dari pantauan BPS pusat, untuk inflasi nasional Year on Year Agustus berada di angka 3,27 persen, dan Month to Month minus 0,02 persen.

Dari 90 kota IHK seluruh Indonesia, pada inflasi Month to Month terdapat 46 kota mengalami deflasi dan 44 kota mengalami inflasi. Sedangkan untuk inflasi Year to Year bulan Agustus, seluruh kota mengalami inflasi. Pada bulan Agustus 2023, inflasi Year on Year Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, masuk dalam 10 kabupaten terendah inflasi se-Indonesia, yaitu diangka 2,76 persen.

Baca Juga  Berbagai Lomba Meriahkan Pekan Muharam di Kecamatan Bintang Ara

Dalam rakor ini disampaikan mengenai komoditas penyumbang inflasi terbesar diseluruh wilayah di Indonesia pada bulan Agustus 2023, yaitu beras. Berdasarkan data BPS pusat pada bulan Agustus 2023, beras memberikan andil inflasi terbesar, yaitu 0,05 persen, dan secara kumulatif pada bulan Agustus 2023, berdasarkan Year to Date, beras mengalami inflasi sebesar 7,99 persen.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment