Home Tabalong Hari Ini Berkat Kolaborasi Adaro, Kasus Stunting di Sulingan Turun Signifikan

Berkat Kolaborasi Adaro, Kasus Stunting di Sulingan Turun Signifikan

by Muhammad Rais
0 comment

PT Adaro Energy Indonesia melalui Yayasan Adaro Bangun Negeri melakukan kolaborasi dengan Posyandu Anggrek 1 Kelurahan Sulingan dalam hal percepatan penurunan stunting. Berkat kolaborasi tersebut, terbukti bahwa kasus stunting di Kelurahan Sulingan turun signifikan.

Hasil kolaborasi percepatan penurunan stunting di Kelurahan Sulingan ditinjau langsung oleh rombongan tim monitoring dan evaluasi stunting pada Selasa, 7 November 2023.

Rombongan terdiri dari Koordinator Bapak Bunda Asuh Anak Stunting Nasional Dwi Listyawardani, Kepala BKKBN Provinsi Kalsel, Ramlan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Tabalong Fepbriadin Hapiz, Menteri Kesehatan Republik Indonesia periode 2014-2019, Profesor Nila Djuwita Moeloek, Ketua Umum YABN sekaligus Divisional Head CSR Adaro Energy Indonesia, Okty Damayanti, Ketua YABN Zuraida Murdia Hamdie, serta jajaran PT Adaro Indonesia bersama mitra kerja.

Dari tinjauan ini diketahui bahwa per Oktober 2023, terdapat 6 orang balita beresiko stunting dan 5 anak yang benar-benar stunting di Kelurahan Sulingan. Angka ini menurun signifikan sejak Juni 2022 yang berjumlah 23 orang.

Lurah Sulingan, Muhammad Noor, menjelaskan bahwa penurunan kasus stunting tersebut tidak lepas dari upaya serta kolaborasi dari berbagai lintas sektor, termasuk dari Yayasan Adaro Bangun Negeri.

“Semoga apa yang kita capai ini dapat kita pertahankan dan kalau bisa kita tingkatkan dengan harapan zero stunting di Kelurahan Sulingan dan kalau bisa zero stunting se Kabupaten Tabalong.” ujar Muhammad Noor, Lurah Sulingan

Baca Juga  Pasar Rakyat Mabuun Jadi Sasaran Jumat Bersih

Sementara itu, Ketua Yayasan Adaro Bangun Negeri, Zuraida Murdia Hamdie, mengapresiasi capaian ini. Zuraida berharap kolaborasi percepatan penurunan stunting dapat terjalin dengan semua pihak.

“Jadi kami mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang baik ini tentu saja yabn tidak akan pernah bekerja sendirian tetapi kami paling bahagia kalau bisa kolaborasi seperti ini, jadi tidak hanya kami di swasta bahkan medha parahita juga selalu bahu membahu,” ujar Zuraida.

Diketahui dalam mendukung penurunan stunting, PT Adaro Energy Indonesia melalui Yayasan Adaro Bangun Negeri telah berkolaborasi bersama Posyandu Anggrek 1 Sulingan sejak bulan Mei 2023.

Berkat adanya kolaborasi tersebut, perubahan paradigma baik dari segi pencegahan maupun penanganan stunting semakin diperkuat.

Selain itu, upaya tersebut juga didukung dengan inovasi Gerbang Posyandu atau Gerakan Edukasi Ramah Bantu Atasi Stunting.

Inovasi ini merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh kader dalam memberikan edukasi kepada keluarga dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment