758 Calon PPS Ikuti Tes Wawancara

by tabalong hari ini
0 comment

Ratusan calon PPS se Kabupaten Tabalong ikuti tes wawancara yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum atau KPU Tabalong, tes wawancara digelar pada 18 hingga 20 Januari 2023.

Komisi Pemilihan Umum KPU Tabalong lakukan tes wawancara kepada 758 calon panitia pemungutan suara atau PPS yang telah lolos uji CAT beberapa waktu lalu.

Tes wawancara dilakukan Komisioner KPU Tabalong dibantu panitia pemilu kecamatan setempat secara bergantian selama tiga hari di 12 kantor kecamatan yang ada di Tabalong.

Tes wawancara dilakukan KPU Tabalong dengan mengulik 3 isu, yakni pengetahuan kepemiluan, komitmen, dan rekam jejak, dengan meliputi berbagai komponen etos kerja.

Saat ditemui usai pelaksanaan wawancara calon PPS di Kecamatan Tanta , Kamis 19 Januari 2023, komisioner KPU Tabalong Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Muhammad Husain mengatakan dari test wawancara tersebut nantinya KPU Tabalong akan menetapkan 3 orang PPS di masing-masing desa dan kelurahan, dan akan dilantik 24 Januari 2023 mendatang.

“Yang mana calon PPS ini akan kita gali tentang rekam jejaknya kemudian pengetahuan tentang kepemiluan kemudian komitmennya nah jadi inilah yang menjadi penilaian kita secara terbuka kita kita laksanakan wawancara secara panel yang mana inikan kita mengambil maksimal dari hasil CAT tadi  dua kali kebutuhan yaitu 2×3 artinya ada 6 jadi nanti hasil wawancara ini kita ambil 3 besar” terangnya.

Husain menambahkan, rekrutmen PPS dilakukan secara terbuka, baik yang berpengalaman ataupun yang belum berpengalaman. Dalam rekrutmen PPS tersebut Keterwakilan perempuan juga masih menjadi prioritas sebesar 30 persen, seperti rekrutmen PPK sebelumnya.

Gazali Rahman, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment