Home Tabalong Hari Ini Ditarget Beroperasi Tahun 2024, RSUD Usman Dundrung Akan Tersedia Bangsal Jiwa

Ditarget Beroperasi Tahun 2024, RSUD Usman Dundrung Akan Tersedia Bangsal Jiwa

by Muhammad Rais
0 comment

Upaya untuk mengoperasikan Rumah Sakit Daerah Usman Dundrung Tanjung terus dilakukan pemerintah Kabupaten Tabalong. Rumah sakit ini pun ditargetkan beroperasi di tahun 2024 mendatang.

Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Kesehatan melakukan sejumlah upaya untuk mengoperasikan Rumah Sakit Umum Daerah Usman Dundrung pada awal tahun 2024 mendatang. Salah satu di antaranya adalah pengajuan izin operasional rumah sakit umum tipe D yang ditujukan untuk mempermudah dan menunjang pelayanan kesehatan untuk masyarakat bagian tengah Tabalong. Seluruh proses pengajuan izin operasional ini pun ditargetkan rampung pada akhir tahun 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Tabalong dr. Taufiqurrahman Hamdie, menuturkan bahwa pelayanan yang ada di Rumah Sakit Usman Dundrung kurang lebih sama seperti Rumah Sakit Haji Bedaruddin Kasim Maburai. Hanya saja, nantinya di rumah sakit ini akan tersedia fasilitas bangsal jiwa.

“Secara khusus nanti juga ada tambahan pelayanan, jadi kami memang masih dalam tahapan wacana ini untuk menambahkan adanya bangsal jiwa disana, karena kita tahu pasien jiwa cukup banyak, di mana untuk kapasitas di rumah sakit Sambaing Lihum itu terbatas dan jaraknya sangat jauh dari Tabalong, sehingga kita perlu adanya ruang khusus perawatan untuk pasien psikiatri ini.” ungkap dr. Taufiqurrahman Hamdie, Kepala Dinas Kesehatan Tabalong.

Taufiqurrahman Hamdie menambahkan bahwa nantinya jika Rumah Sakit Umum Daerah Usman Dundrung ini mulai beroperasi, maka statusnya akan menjadi UPT Dinas Kesehatan Tabalong. Sehingga dari suplai tenaga kerja dan operasional akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Tabalong.

Baca Juga  Ini Beda Kurikulum Merdeka Belajar Yang Diterapkan Di Tabalong

Disamping itu, ditahun ini juga Dinkes Tabalong akan melakukan pengadaan alat kesehatan serta proses pembentukan manajemen baru Rumah Sakit Usman Dundrung. Hadirnya rumah sakit tipe D ini pun diharapkan mampu memenuhi standar pelayanan kesehatan di Tabalong.

(Dano Nafarin/ TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment