Home Tabalong Hari Ini 700 Lansia Bakal Dapat Bantuan Rp.250 Ribu Per Bulan

700 Lansia Bakal Dapat Bantuan Rp.250 Ribu Per Bulan

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong meningkatkan nilai bantuan uang tunai untuk asistensi masyarakat lansia tahun 2024. Selain itu, jumlah penerima bantuan juga meningkat ratusan orang dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Sosial Tabalong, Abu Bakar Sidiq, saat ditemui pada Kamis, 18 Januari 2024, di kantor Dinsos Tabalong, Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

Abu menyebutkan bantuan asistensi lanjut usia terlantar atau ASLUT tahun 2024 menyasar 700 lansia, dengan bantuan masing-masing sebesar 250 ribu rupiah per bulan.

Jumlah sasaran dan besaran bantuan tersebut meningkat dibandingkan tahun 2023 lalu yang hanya menyasar 560 lansia dengan bantuan masing-masing sebesar 200 ribu rupiah per bulan.

Untuk penerima ASLUT, menurut Abu, pihaknya menetapkan syarat yaitu lansia berusia minimal 70 tahun, tidak memiliki penghasilan, dan masuk dalam data kemiskinan.

“Kami memberikan batasan umur minimal 70 tahun, dan juga mereka tidak punya penghasilan. Misalnya bagi mereka yang pensiunan PNS, mereka tidak berhak. Nah kemudian mereka termasuk di data kemiskinan.” ujar Abu Bakar Sidiq, Kepala Dinas Sosial Tabalong.

Abu menambahkan, untuk mempermudah penyaluran ASLUT, para petugas Dinsos Tabalong dan Bank Kalsel akan memfasilitasi pembukaan rekening di rumah, sehingga lansia penerima bantuan cukup membubuhkan tanda tangannya di rumah, tanpa harus mendatangi kantor Bank Kalsel.

Baca Juga  Pertukaran Pelajar, Siswi SMANTA Ini Berangkat Ke Jepang

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment