Home Tabalong Hari Ini Berawal dari Paduan Suara Gereja, Oca Berhasil Masuk Paduan Suara Istana Negara

Berawal dari Paduan Suara Gereja, Oca Berhasil Masuk Paduan Suara Istana Negara

by Muhammad Rais
0 comment

Putra daerah Kabupaten Tabalong, Yousa Runiyus Yosua, berhasil memperoleh satu tempat dalam Paduan Suara Gita Bahana Nusantara 2023 setelah melewati seleksi tingkat provinsi Kalimantan Selatan. Dengan terpilihnya Yousa, ia akan menyanyikan lagu kebangsaan di Istana Negara pada peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus mendatang.

Yousa Runiyus Yosua, lebih akrab dipanggil Oca, mengikuti seleksi Paduan Suara Gita Bahana Nusantara 2023 tingkat provinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 7 hingga 8 Juni 2023 di Kota Banjarmasin.

Seleksi ini diikuti oleh 41 peserta dari perwakilan kabupaten-kota, dan terpilih 4 peserta yang memiliki warna vokal berbeda-beda, yaitu soprano, alto, tenor, dan bass.

Oca, yang ditemui pada Sabtu, 8 Juli 2023, di halaman Pendopo Bersinar Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, mengaku suka menyanyi sejak kecil dan bergabung dengan paduan suara gereja sejak tahun 2021.

Dari paduan suara gereja, Oca terus dilatih setiap minggunya dan diberitahu oleh pelatihnya bahwa Oca memiliki warna vokal bass.

Setelah satu tahun bergabung dengan paduan suara gereja, Oca memantapkan dirinya untuk mengikuti seleksi Gita Bahana Nusantara 2023. Selama satu tahun persiapan pada 2022, Oca melatih teknik dan warna vokalnya, membaca notasi balok dan angka, serta meningkatkan penampilannya.

“Perasaannya senang sih. Harapannya mudah-mudahan bisa membawa nama baik Kalimantan Selatan, khususnya tempat tinggal kita Kabupaten Tabalong. Saya selaku pribadi mengucapkan banyak-banyak terima kasih untuk teman-teman yang sudah mendukung, mendukung saya untuk sampai saat ini bisa tembus ke Nasional, tentunya tidak hanya dukungan tapi kerja keras selama ini,” ujar Yousa Runiyus Yosua.

Baca Juga  Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Dikala Banjir Melanda

Oca berhasil terpilih mewakili jenis suara bass, sedangkan soprano diwakili oleh Meysa Syifa Noerzahra dari Hulu Sungai Utara, alto diwakili oleh Davina Lourdes Rahail dari Banjarmasin, dan tenor diwakili oleh Samuel Raphael dari Banjarmasin.

Pasca keempat peserta ini terpilih, mereka langsung dikarantina untuk memperoleh pembekalan di tingkat provinsi. Karantina berlangsung dari tanggal 8 hingga 12 Juni 2023 di kediaman salah seorang pembina Gita Bahana Nusantara di Kota Banjarbaru.

Selama pembekalan, mereka tidak hanya dilatih teknik vokal dan membaca notasi lagu, namun juga ditanamkan rasa tanggung jawab dan cinta tanah air di setiap sendi kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya, pembekalan nasional dijadwalkan mulai tanggal 23 Juli 2023. Pembekalan dimulai secara virtual dari tanggal 23 hingga 30 Juli 2023, lalu karantina nasional di Istana Negara dari tanggal 1 Agustus hingga peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2023.

Paduan Suara Gita Bahana Nusantara 2023 diisi oleh 152 orang, terdiri dari masing-masing 4 warna vokal dari 38 provinsi se-Indonesia.

You Might Be Interested In
Baca Juga  26 Mei 2023, Harga Bawang Merah Turun di Pasar Kapar

Sebagai informasi tambahan, Yousa Runiyus Yosua merupakan putra daerah Kabupaten Tabalong ke-7 yang berhasil tembus hingga ke tingkat nasional.

Sebelumnya, pada tahun 2018, Enggar Kusumaningtyas berhasil masuk GBN dengan warna vokal soprano, Devi Putri Milanda Pratiwi dengan suara soprano tahun 2017, Agustina Safitri dengan suara soprano tahun 2016, Reni Andini dengan suara soprano tahun 2011, Natalia Pabontang dengan suara soprano tahun 2009, dan Henry Anderson Parapat dengan suara bass tahun 2008.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment