Pesta Rakyat Kemerdekaan Diisi Hadrah Hingga Reog

by tabalong hari ini
0 comment

Melalui perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, pemerintah Kabupaten Tabalong menyuguhkan hiburan untuk masyarakat yang digelar di Halaman Pendopo Bersinar Pembataan.

Terdapat 3 hiburan yang ditampilkan sebelum upacara penurunan bendera. Yaitu Kuda Lumping dari Kecamatan Jaro, Sinoman Hadrah dari Tanjung, dan Reog dari Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung. Hiburan rakyat ini mendapat antusias tinggi dari masyarakat.

“Kita lihat sendiri di hari ini sebelum penurunan bendera, masyarakat berhadir untuk menyaksikan kesenian ini, luar biasa, mereka cukup antusias dan mengapresiasi, karena kita tahu sebelumnya kegiatan ini hampir tidak ada karena banua kita dilanda covid, tapi alhamdulillah, seiring covid mulai tidak ada lagi, kemudian kesenian-kesenian rakyat ini bisa kita gelar lagi untuk menghibur masyarakat sekaligus memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-77,” kata Masdulhak Abdi, Kabid Kebudayaan Disdikbud Tabalong.

Penampilan kesenian tradisional ini sudah diperkirakan sejak 1 bulan menjelang puncak peringatan kemerdekaan RI ke-77. Melalui HUT RI ke-77 ini, pemerintah Kabupaten Tabalong memberikan suguhan bagi masyarakat melalui 2 kegiatan, yaitu pesta rakyat dan hiburan rakyat.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment