Home Tabalong Hari Ini 13 Desa Kembali Raih Penghargaan PROKLIM, Tabalong Berhasil Lampai Target Nasional

13 Desa Kembali Raih Penghargaan PROKLIM, Tabalong Berhasil Lampai Target Nasional

by Muhammad Rais
0 comment

Kabupaten Tabalong kembali meraih penghargaan Program Kampung Iklim di tahun 2023. Terdapat 13 desa yang meraih penghargaan PROKLIM, di mana 9 desa mendapat penghargaan kategori Madya, dan 4 desa mendapat penghargaan kategori Utama.

Penghargaan Program Kampung Iklim kategori Madya diraih oleh Desa Hayup dan Desa Bongkang di Kecamatan Haruai, Desa Kinarum di Kecamatan Upau, Desa Banyu Tajun dan Sungai Pimping di Kecamatan Tanjung, Desa Pulau Ku’u di Kecamatan Tanta, Desa Tantaringin di Kecamatan Muara Harus, Desa Bahungin di Kecamatan Kelua, dan Desa Pugaan di Kecamatan Pugaan.

Sementara itu, sertifikat PROKLIM Utama berhasil diraih oleh Desa Muara Uya di Kecamatan Muara Uya, Desa Burum di Kecamatan Bintang Ara, dan Desa Padang Panjang di Kecamatan Tanta. Sedangkan tropi PROKLIM Utama diraih oleh Desa Maburai di Kecamatan Murung Pudak.

Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, pada Selasa, 24 Oktober 2023, di Jakarta.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Ruzaida Fitriani, mengatakan, dengan diraihnya penghargaan ini, Kabupaten Tabalong berhasil melampaui target nasional desa PROKLIM, yaitu 48 kelurahan dan desa.

“Kalau target nasional, kita hitung keseluruhan kabupaten kota yang ada di Indonesia, sebenarnya masing-masing kabupaten kota hanya ditargetkan 40 desa atau kelurahan PROKLIM. Alhamdulillah, jika dihitung dari jumlah kabupaten kota yang ada di Indonesia, kita sudah masuk target yang sudah ditargetkan pemerintah pusat,” kata Ruzaida Fitriani.

Baca Juga  Peringati Hari Ibu, RSPT Dan Pertamina Gelar Seminar Deteksi Dini Kanker Serviks

Selain desa PROKLIM, Kabupaten Tabalong juga meraih penghargaan dalam kategori Pembina PROKLIM, yaitu Pemerintah Kabupaten Tabalong dan pendukung desa PROKLIM, yaitu PT Adaro Indonesia.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment