Home Tabalong Hari Ini Atasi Inflasi di Sektor Transportasi, Pemkab Tabalong Luncurkan Angkutan AKDP Dengan Tarif Ekonomis

Atasi Inflasi di Sektor Transportasi, Pemkab Tabalong Luncurkan Angkutan AKDP Dengan Tarif Ekonomis

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong tengah menyiapkan layanan Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dari Tanjung ke Banjarmasin dengan tarif lebih ekonomis. Layanan ini diluncurkan untuk mengendalikan inflasi di sektor transportasi.

Pemerintah Kabupaten Tabalong meluncurkan layanan Angkutan AKDP pada Rabu, 18 Oktober 2023, di Pendopo Bersinar Pembataan, Kecamatan Murung Pudak. Layanan ini merupakan transformasi dari Langsat Manis, layanan angkutan masyarakat Tabalong yang sebelumnya melayani masyarakat, terutama pelajar, secara gratis.

Sebanyak 10 unit armada jenis Toyota Hiace disiapkan untuk layanan Angkutan AKDP dari Tanjung ke Banjarmasin, dan sebaliknya. Pengadaan armada ini menggunakan dana insentif daerah senilai 6,5 miliar rupiah yang diterima oleh Pemkab Tabalong atas keberhasilan pengendalian inflasi tahun lalu.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, menyampaikan bahwa dalam tiga tahun terakhir, angkutan orang menjadi salah satu sektor pendorong inflasi. AKDP ini akan melengkapi sistem transportasi terpadu dengan Angkutan Langsat Manis yang membawa masyarakat dari permukiman kecamatan melalui halte-halte ke terminal, kemudian menghubungkan angkutan Tanjung – Banjarmasin.

“Jadi kami bukan hanya untuk kepentingan Tabalong ya, jadi kami berharap bahwa 10 unit ini memancing kabupaten/kota untuk menghidupkan AKDP. Nah, mudah-mudahan ini diikuti, tapi kalau mereka tidak melakukannya, kita akan melakukan penambahan secara bertahap,” ungkap Bupati Anang Syakhfiani.

Kepala Dinas Perhubungan Tabalong, Tumbur Parulian Manalu, mengatakan bahwa layanan Angkutan ini akan beroperasi pada bulan November mendatang. Namun, terkait tarif, pihaknya belum bisa mengungkapkannya karena masih menunggu peraturan bupati yang saat ini tahap verifikasi di tingkat provinsi. Namun, pastinya tarifnya akan lebih ekonomis dibandingkan tarif travel.

Baca Juga  Penjualan Daging Sapi dan Ayam di Pasar Tanjung

“Ada 2 timeschedule yang kita siapkan, dari 6.30 atau jam 7 pagi, kemudian jam 10.30. Kemudian dari Banjarmasinnya ada jam 1.30 dan jam 3. Jadi unit ini begitu sampai Banjarmasin, dia akan around lagi kembali ke Tanjung, dengan catatan bisa membawa penumpang,” ungkap Tumbur P. Manalu, Kepala Dishub Tabalong.

Karena layanan ini merupakan Angkutan AKDP, penumpang harus berada di terminal. Armada akan ditempatkan di Terminal Mabuun, sedangkan di Banjarmasin di PAL 6 dan PAL 17. Terkait layanan antar-jemput ke rumah, Tumbur mengaku masih dalam tahap analisisa.

Angkutan AKDP ini akan dilengkapi berbagai fitur modern, seperti GPS untuk kontrol dan pengawasan unit, basecamp untuk mengetahui jumlah penumpang, pemesanan online melalui aplikasi smartphone Go Tab yang terintegrasi dengan Langsat Manis, serta pembayaran menggunakan BRI Virtual Account dan QRIS.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment