Home Editor's Picks Desanya Terima Bantuan Irigasi dari Kemen PUPR, Masrani: Sangat Membantu Petani

Desanya Terima Bantuan Irigasi dari Kemen PUPR, Masrani: Sangat Membantu Petani

by tabalong hari ini
0 comment

Sebagai salah satu daerah rawan pangan di Kabupaten Tabalong, Kepala Desa Wayau menyambut baik pembangunan saluran irigasi melalui dana APBN Kementerian PUPR. Pasalnya, pembangunan irigasi tersebut akan membuka lahan tidur sehingga diharapkan hasil pangan pun meningkat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Desa Wayau, Masrani, saat memantau progres pembangunan saluran irigasi yang dibangun secara swakelola oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air atau P3A Batu Alai Mandiri di area persawahan tadah hujan, Desa Wayau RT Delapan, Kecamatan Tanjung, pada Jumat, 12 Mei 2023.

Menurut Masrani, pembangunan saluran irigasi sepanjang 300 meter dan lebar 1 meter senilai 195 juta rupiah ini sangat diperlukan untuk membuka lahan tidur seluas 1 hektar dan mempermudah petani menggarap lahan produktif seluas 5 hektar yang ada di Desa Wayau. Pasalnya, membuka lahan tidur ini merupakan salah satu upaya pemerintah Desa Wayau untuk meningkatkan produktivitas padi mengingat Desa Wayau termasuk daerah rawan pangan.

Lebih lanjut, Masrani menjelaskan bahwa dengan jumlah penduduk yang mencapai 3 ribu jiwa dan kebutuhan pangan padi di atas 300 ton per tahun, namun produktivitas padi di Desa Wayau baru mencapai 50 ton setahun sehingga ketersediaan padi tidak seimbang dengan jumlah penduduk.

“Ya makanya itu salah satu cara kita, yaitu dengan membuka lahan baru, support pupuk, dan juga bekerjasama dengan dinas pertanian dan PPL desa, supaya bisa mengarahkan kita untuk penanaman padi ataupun karet, biar bisa lepas dari golongan rawan pangan tadi, soalnya ini juga kita sangat disorot oleh kabupaten,” ujar Masrani.

Baca Juga  Jurni Minta Seluruh SKPD Tabalong Lakukan Terobosan

Untuk terus meningkatkan produktivitas pertanian di Desa Wayau, pemerintah Desa Wayau senantiasa bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Tabalong untuk membangun infrastruktur pendukung maupun bantuan dalam berbagai bentuk yang dianggarkan melalui APBDes maupun APBD Kabupaten.

Adapun pembangunan infrastruktur tahun 2023 di antaranya saluran irigasi sepanjang 200 meter di RT Dua, lanjutan tahun sebelumnya yang sudah mencapai 300 meter, serta pembangunan jalan usaha tani di beberapa titik.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment