Home Tabalong Hari Ini Wujudkan Desa Cerdas, Pemdes Telaga Itar Luncurkan Tiga Inovasi

Wujudkan Desa Cerdas, Pemdes Telaga Itar Luncurkan Tiga Inovasi

by Muhammad Rais
0 comment

Guna menjadikan desa cerdas, pemerintah Desa Telaga Itar Kecamatan Kelua meluncurkan 3 inovasi sekaligus pada Kamis, 27 Juli 2023. 3 inovasi tersebut berfokus pada peningkatan pelayanan kesehatan, pelayanan publik hingga pendidikan.

Bertempat di halaman Madrasah Ibtidaiyah Sinar Islam, Desa Telaga Itar, Kecamatan Kelua, peluncuran 3 inovasi ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Camat Kelua, Suwandi.

3 inovasi yang diluncurkan tersebut adalah inovasi Kampung Keluarga Berkualitas, inovasi Desa Digital, dan inovasi Aku Sayang Tegar atau Akademi Keluarga Selamatkan dari Bahaya Stunting Desa Telaga Itar.

Kepala Desa Telaga Itar, Muhammad Haris, menjelaskan bahwa peluncuran 3 inovasi ini merupakan upaya pemerintah desa untuk menuju desa cerdas, guna mewujudkan desa mandiri dengan mengkolaborasikan pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek pembangunan desa.

“Apabila ini sudah terpola, tiga inovasi ini sudah terkoneksi, maka bisa dikatakan bahwa Desa Telaga Itar itu akan menuju desa cerdas, apabila ini sudah terkoneksi. Nah, harapan kami dari pemerintah desa itu tujuannya adalah menjadi percontohan bagi desa-desa lain untuk bisa mengedepankan inovasi, sehingga dengan adanya inovasi ini akan menghasilkan desa kami itu menjadi desa cerdas.” ujar Muhammad Haris, Kades Telaga Itar.

Sementara itu, Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Kelua, Arbain, menilai dengan adanya 3 inovasi ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dengan pemberdayaan masyarakat, peningkatan akademik, kesehatan, maupun pembangunan.

Baca Juga  Renovasi Masjid Agung Tanjung Capai 95%, Desember Diresmikan

“Kampung Keluarga Berkualitas ini mencoba menangani itu melalui keluarga, jadi keluarga yang kaya raya belum tentu bisa menciptakan generasi yang berkualitas, makanya di Kampung KB ini juga ditekankan beberapa program pengembangan mindset keluarga melalui BKB, BKR, BKN.” ujar Arbain, Koordinator Penyuluh KB Kec. Kelua.

Dalam kegiatan ini juga, pemerintah Desa Telaga Itar turut menyalurkan bantuan beasiswa prestasi untuk 34 siswa, yang terdiri dari 14 siswa SD setingkat, 11 siswa SLTP setingkat, dan 9 siswa SLTA setingkat yang berdomisili di Desa Telaga Itar.

Setiap siswa mendapatkan beasiswa berupa uang dengan besaran 275 ribu rupiah untuk SD setingkat, 325 ribu rupiah untuk SLTP setingkat, dan 375 ribu rupiah untuk SLTA setingkat.

(Dano Nafarin/ TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment