Home Tabalong Hari IniKesehatan Sudah Tidak Efisien, Puskesmas Panaan Akan Direlokasi

Sudah Tidak Efisien, Puskesmas Panaan Akan Direlokasi

by Muhammad Rais
0 comment

Dinilai sudah tidak efisien dalam mengcover pelayanan kesehatan di tiga desa terpencil, Puskesmas Panaan direncanakan untuk direlokasi. Upaya relokasi rencananya dilakukan bertahap mulai tahun 2024 mendatang.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi warga Desa Panaan, Dambung Raya, dan Hegar Manah Kecamatan Bintang Ara, Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Kesehatan berencana akan merelokasi Puskesmas Panaan.

Relokasi dilakukan karena Puskesmas pembantu ini dinilai tidak efisien lagi dalam mengcover pelayanan kesehatan di tiga desa terpencil tersebut. Terlebih, bangunannya yang tergolong kecil untuk pelayanan kesehatan sekaligus tempat tinggal tenaga kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong Dokter Taufiqurrahman Hamdie, saat ditemui belum lama tadi, menjelaskan bahwa Puskesmas Panaan nantinya akan ditingkatkan menjadi puskesmas induk. Dalam rencana tahun 2024 mendatang, proses relokasi bisa dimulai.

“Lokasi di sana sudah tidak efisien lagi karena tidak mencakup tiga desa yang agak jauh. Nah, jadi kita akan mencari lokasi yang strategis dan bisa diakses oleh penduduk yang lainnya, yang tidak hanya berada di Panaan. Itu tujuannya sebenarnya. Kemarin sudah diwacanakan dan pemerintah kepala desa di sana sudah menyiapkan lahannya. Jadi, selama lahannya sudah siap, tentu kita akan mengajukan perencanaannya. Mudah-mudahan tahun 2024 sudah bisa kita ajukan untuk perencanaan dan penganggaran pembangunannya,” ungkap dr. Taufiqurrahman Hamdie, Kepala Dinas Kesehatan Tabalong.

Baca Juga  Desanya Terima Bantuan Irigasi dari Kemen PUPR, Masrani: Sangat Membantu Petani

Taufik menambahkan, selain bangunan utama Puskesmas, nantinya juga akan dibangun tempat tinggal khusus bagi tenaga kesehatan yang bertugas.

(Dano Nafarin/ TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment