Home Uncategorized Seluruh SKPD Lingkup Pemkab Tabalong Diminta Melakukan Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender

Seluruh SKPD Lingkup Pemkab Tabalong Diminta Melakukan Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender

by Muhammad Rais
0 comment

 

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Tabalong melaksanakan Bimbingan Teknis Pengarusutamaan Gender (PUG) melalui Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG). Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh SKPD lingkup Pemkab Tabalong dapat melakukan perencanaan dan penganggaran yang responsif gender.

Bimbingan Teknis Pengarusutamaan Gender melalui Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender ini diikuti puluhan peserta dari bagian perencanaan seluruh SKPD dan kecamatan di Kabupaten Tabalong. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 20 Juli 2023, di Aston Tanjung City Hotel Mabuun.

Bimtek PUG melalui PPRG bagi SKPD merupakan kegiatan yang setiap tahun dilaksanakan Pemerintah Daerah Tabalong, yang diinisiasi oleh DP3AP2KB Tabalong. Kegiatan ini merupakan strategi pembangunan yang dilakukan untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender.

Kepala DP3AP2KB Tabalong, Rusmadi, saat diwawancarai mengatakan bahwa untuk mewujudkan rencana pembangunan daerah yang responsif gender, maka seluruh SKPD diminta untuk menyusun perencanaan dan penganggaran responsif gender (PPRG). Pasalnya, dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, SKPD perlu membuat suatu acuan dan perencanaan sebagai dasar kegiatan dan pelaksanaan program sehingga setiap kegiatan memiliki arah dan target pencapaian yang jelas.

“Peserta hari ini adalah mereka yang menangani program perencanaan di SKPD masing-masing sehingga dia mengerti sesuai dengan tujuan kita dalam keadilan gender dalam setiap kegiatan SKPD masing-masing, sehingga dia dapat menganggarkan dan mengumpulkan seluruh program yang ada di SKPD-nya masing-masing, sesuai tidak dengan tujuan dari pada PUG itu sendiri,” ujar Rusmadi, Kepala DP3AP2KB Tabalong.

Baca Juga  Tingkatkan Literasi Masyarakat, Kejari Tabalong Launching Perpustakaan Hybrid

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Tabalong, Noor Rifani, yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Pokja PUG Kabupaten Tabalong, mengatakan bahwa setiap tahunnya pengarusutamaan gender di Kabupaten Tabalong semakin meningkat. Hal ini tentu membawa dampak positif bagi pembangunan di Kabupaten Tabalong.

“Sebenarnya ini kan sudah terus meningkat ya, artinya, kita melihat data bagaimana tadi IPM antara laki-laki dan perempuan juga meningkat ya walaupun kecil meningkatnya, tapi saya melihat upaya-upaya yang kita lakukan bahwa pengarusutamaan gender di Kabupaten Tabalong ini mempunyai dampak positif, artinya yang kita lakukan selama ini mempunyai dampak dan bisa dirasakan di seluruh SKPD dan juga di masyarakat, saya kira ini yang kita lihat bahwasanya alhamdulillah kita bersyukur dengan adanya pengarusutamaan gender yang terus kita bina ini terus membawa dampak positif,” ujar M. Noor Rifani, Kepala Bappedalitbang Tabalong.

Noor Rifani berharap dengan adanya Bimtek ini bisa mendorong adanya satuan gerak dalam penetapan target dan capaian pelaksanaan PUG di masing-masing SKPD. Selain itu, juga dapat mensinergikan prioritas program dan kegiatan urusan SKPD untuk mencapai kinerja yang optimal dan tepat sasaran. Terlebih saat ini Pemerintah Daerah tengah menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah pada APBD Perubahan 2023 dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah tahun 2024.

Pada kegiatan Bimtek ini, dihadirkan 3 narasumber, yaitu dari DP3A Provinsi Kalsel, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Tabalong, dan Inspektorat Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Layanan Jemput Bola Adminduk Sasar Desa Kambitin

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment