Home Uncategorized Kemarau, Petani Bangkiling Berhasil Panen 263 Ton GKP Padi IP 200

Kemarau, Petani Bangkiling Berhasil Panen 263 Ton GKP Padi IP 200

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DKPPTPH) Kabupaten Tabalong mengapresiasi keberhasilan Kelompok Tani Suka Maju Desa Bangkiling Kecamatan Banua Lawas yang telah melakukan tanam padi IP 200. Keberhasilan ini pun dinilai tidak terlepas dari sinergitas berbagai pihak.

Apresiasi tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura DKPPTPH Kabupaten Tabalong Fahrul Raji, usai panen padi IP 200 varietas Mekongga di lahan milik Kelompok Tani Suka Maju Desa Bangkiling Kecamatan Banua Lawas pada Kamis, 7 Agustus 2023.

Fahrul bersyukur meski di tengah kemarau ekstrim, namun penanaman padi IP 200 tetap berhasil dilakukan. Menurutnya, keberhasilan ini juga tidak terlepas dari adanya sinergi dari berbagai pihak, baik petani, penyuluh, dan berbagai pihak terkait lainnya.

“Ya, yang pertama kita patut bersyukur bahwa dengan kondisi kemarau ini kita masih bisa panen dan juga tentunya kita mengapresiasi dan berterimakasih pada warga Banua Lawas, juga kawan-kawan penyuluh, kemudian dinas terkait. Artinya, sinergi kerjasamanya alhamdulillah pada hari ini kita bisa panen IP 200, dan ini kita sudah lakukan bersama-sama, dan mudah-mudahan ini menambah semangat kita dan membuktikan bahwa Tabalong aman-aman saja,” kata Fahrul Raji, Kepala DKPPTPH Tabalong.

Sementara itu, Kepala Desa Bangkiling Itar, menjelaskan bahwa keberhasilan penanaman padi IP 200 tidak terlepas dari peran pemerintah, baik untuk bantuan pengairan, pendampingan untuk bercocok tanam, pemupukan, hingga perawatan.

Baca Juga  Seluruh SKPD Lingkup Pemkab Tabalong Diminta Melakukan Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender

“Kalau musim kemarau, alhamdulillah bisa, soalnya di sini kan ada masin pompanisasi, nah dari bantuan pemerintah, nah dari pompanisasi itu petani di sini memanfaatkan untuk seandainya kemarau, jadi dia disiram dengan mengambil sungai di air Tabalong itu,” ujar Itar, Kepala Desa Bangkiling Kecamatan Banua Lawas.

Itar berharap agar pendampingan aktif dari DKPPTPH Kabupaten Tabalong sekaligus para penyuluh dapat terus dilakukan sehingga kualitas produksi padi maupun hasilnya nanti dapat kembali berhasil dengan baik.

Diketahui dari lahan yang dipanen ini, berdasarkan ubinan tanaman padi yang ditanam di lahan seluas kurang lebih 35 hektar, diperkirakan produktivitas gabah kering panen atau GKP mencapai 7,52 ton per hektar, dengan total keseluruhan hasil panen kurang lebih 263 ton.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment