Home Uncategorized Agustus 2023, Vaksinasi Rotavirus Menyasar Bayi 2-4 Bulan

Agustus 2023, Vaksinasi Rotavirus Menyasar Bayi 2-4 Bulan

by Muhammad Rais
0 comment

Untuk mencegah terjadinya diare berat pada balita, Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong akan memberikan imunisasi rotavirus. Imunisasi rotavirus akan diberikan secara bertahap mulai bulan Agustus 2023 mendatang.

Pemberian imunisasi vaksin rotavirus yang akan dilakukan jajaran Dinas Kesehatan Tabalong menyasar balita berusia 2 hingga 4 bulan. Dimana setiap balita akan mendapatkan 3 dosis vaksin rotavirus yang diberikan bertahap mulai usia 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan.

Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, Dokter Taufiqurrahman Hamdie, menjelaskan bahwa vaksin rotavirus penting bagi balita. Pasalnya, vaksin ini mampu mencegah penyakit diare berat yang dapat menyebabkan dehidrasi berat bahkan kematian pada anak-anak akibat rotavirus.

Disamping itu, menurut Taufiq, pemberian vaksin rotavirus juga merupakan komitmen pemerintah daerah dalam menurunkan angka stunting. Mengingat infeksi rotavirus menjadi salah satu penyebab potensial stunting.

“Jadi kita berharap anak-anak kita yang diberi vaksin ini tercegahlah dari kasus diare, terutama untuk anak-anak usia 2, 3, 4 bulan, karena apa, dengan anak-anak menderita diare itu juga akan memperparah atau pun bisa mengarahkan anak-anak menjadi stunting. Kita tahu, pemerintah juga berkomitmen untuk menurunkan angka stunting, nah salah satu upayanya mencegah agar anak itu tidak mengalami diare disamping pola hidup bersih dan sehat juga kita berikan vaksinasi RV ini,” ujar Taufiqurrahman Hamdie, Kepala Dinkes Tabalong.

Baca Juga  KPU Tabalong Minta Pengurus Parpol Lapor

Taufiq mengajak seluruh masyarakat untuk membawa anaknya melakukan imunisasi rutin termasuk imunisasi rotavirus, baik melalui posyandu, puskesmas, maupun rumah sakit daerah.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment