Home Tabalong Hari IniPendidikan Ratusan Anak Didik Kelas 1 SDIT An-Nahl Tabalong Ikuti Manasik Haji

Ratusan Anak Didik Kelas 1 SDIT An-Nahl Tabalong Ikuti Manasik Haji

by Muhammad Rais
0 comment

Ratusan anak didik kelas 1 SDIT An-Nahl Tabalong mengikuti kegiatan pembelajaran manasik haji, yang dilaksanakan di Islamic Center Mabu’un pada Senin, 31 Juli 2023. Kegiatan ini digelar sebagai upaya memberikan pemahaman bagi anak didik mengenai ibadah dan rukun haji.

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) An-Nahl Kabupaten Tabalong menggelar kegiatan pembelajaran manasik haji, yang ditujukan bagi 116 orang anak didik di kelas 1. Terlihat para anak didik antusias mengikuti seluruh rangkaian ibadah haji, mulai dari menggunakan ihram, membaca niat, wukuf, mabit, melempar jumrah, hingga tawaf.

Wakil Kepala SDIT An-Nahl Tabalong bidang kesiswaan Hambali, mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh pihak sekolah, dengan tujuan untuk memotivasi anak didik agar dapat melaksanakan rukun Islam yang kelima, yaitu ibadah haji, dengan menumbuhkan semangat berhaji sejak dini.

“Untuk kegiatan manasik haji ini sebenarnya rutin dilaksanakan setiap tahun, cuma kemarin selama masa pandemi tidak terlaksana. Tapi kita tahun kemarin itu dilaksanakan untuk 3 kelas, jadi untuk tahun ini cukup untuk satu kelas saja, yaitu kelas 1. Jadi untuk tahun ini juga untuk di kelas 1 ini kan pengenalan awal, jadi nanti di kelas 6-nya anak-anak kita praktik langsung,” ungkap Hambali, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SDIT An-Nahl Tabalong.

Hal senada juga disampaikan Ketua Yayasan Ashabul Kahfi Tabalong Murjani, saat diwawancara. Murjani berharap kegiatan manasik haji ini dapat memberikan pemahaman kepada anak didik mengenai ibadah dan rukun haji.

“Kami sangat berharap bahwa kegiatan manasik yang dilaksanakan oleh SDIT An-Nahl ini bisa memberikan pemahaman kepada anak-anak sehingga anak-anak itu bisa paham, mengerti, mengetahui bagaimana syarat-syarat dan rukun-rukun untuk melaksanakan ibadah haji, walaupun saat ini kita lakukan di miniature di Islamic center ini untuk menggambarkan bagaimana keadaan pelaksanaan ibadah haji yang sesungguhnya,” ujar Murjani, Ketua Yayasan Ashabul Kahfi Tabalong.

Murjani menambahkan, dengan adanya pembelajaran manasik haji yang rutin dilaksanakan oleh SDIT An-Nahl Tabalong ini, dapat memberitahu kepada masyarakat luas bahwa di Kabupaten Tabalong memiliki sarana yang bagus untuk melaksanakan rangkaian kegiatan manasik haji. Sehingga diharapkan masyarakat bisa menggunakan fasilitas tersebut untuk menambah pengetahuan.

(Nova Arianti/ TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment