Home Tabalong Hari Ini Bantuan Ratusan Ekor Sapi untuk Kelompok Ternak Disalurkan November 2023

Bantuan Ratusan Ekor Sapi untuk Kelompok Ternak Disalurkan November 2023

by Muhammad Rais
0 comment

Guna mendukung pengembangan usaha kelompok ternak, Dinas Perikanan dan Peternakan (Disbunnak) Tabalong akan menyalurkan bantuan ratusan ekor sapi untuk digemukkan. Bantuan ini rencananya disalurkan akhir tahun 2023 mendatang.

Rencana penyaluran bantuan ratusan ekor sapi disampaikan Kepala Disbunnak Tabalong, Saleh, saat verifikasi lapangan Lomba Kelompok Tani Ternak Sapi tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023 di Kelompok Ternak Lembu Sejati, Desa Jaro RT 6, Kecamatan Jaro, pada Selasa, 1 Agustus 2023.

Saleh mengatakan bantuan 203 ekor sapi, yang terdiri dari 100 ekor sapi betina dan 103 ekor sapi jantan, akan disalurkan pada bulan November 2023 mendatang.

Bantuan sapi ditujukan untuk pengembangan dan penggemukan sapi bagi kelompok ternak di wilayah utara Tabalong.

Lebih lanjut, Saleh mengatakan melalui bantuan sapi ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan daging di Kabupaten Tabalong, serta mampu menekan angka inflasi.

“Nanti kita gemukkan selama 3 bulan. Jadi 3 bulan itu sudah menaikkan bobot sekitar 10 – 20 kilogram. Dari hasil penggemukan dijual, berapa modal, berapa petani merawat selama 3 bulan itu, biayanya berapa dipotong itu lalu adalah dapatnya keuntungan. Keuntungan ini bisa dibagi 70% untuk yang merawat, 30% untuk kelompok, rencananya begitu.” ujar Saleh, Kepala Disbunnak Tabalong.

Sementara itu, Ketua Kelompok Ternak Lembu Sejati Muselam, mengaku siap menerima bantuan dari Disbunnak Tabalong dan menjalankan program penggemukan sapi tersebut sesuai arahan yang diberikan.

Baca Juga  Hingga Minggu Kedua Oktober Parpol & Bacaleg Tak Lapor Bayar Pajak Reklame, BAPENDA Imbau Segera Lapor

“Kalo masalah itu siap terus disini masalahnya kan populasinya kurang juga, jadi kelompok kami menerima terus. Walaupun itu bantuan seperti apakah pokoknya diterima terus, siap terus.” ujar Muselam, Ketua Kelompok Ternak Lembu Sejati.

Guna mendukung pengembangan usaha Kelompok Ternak Lembu Sejati, rencananya Disbunnak akan memberikan bantuan 15 ekor sapi.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment