Home Tabalong Hari Ini Ponpes Binaan YABN Jual Berbagai Produk Turunan dari Hasil Usaha Budidaya

Ponpes Binaan YABN Jual Berbagai Produk Turunan dari Hasil Usaha Budidaya

by Muhammad Rais
0 comment

Pesantren-Pesantren binaan YABN melalui program Adaro Santri Sejahtera kini mulai mengembangkan hilirisasi dengan membuat produk turunan dari hasil usaha budidaya. Hasil pengolahan produk turunan tersebut dijajakan di Pekan Raya Tabalong tahun 2023.

Inilah stand Pondok Pesantren binaan Yayasan Adaro Bangun Negeri yang ikut meramaikan Pekan Raya Tabalong tahun 2023, dari tanggal 7 sampai dengan 13 Desember 2023, di Tanjung Expo Center, Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

Stand Ponpes ini menjajakan produk turunan hasil usaha budidaya para santri yang didukung YABN melalui program Adaro Santri Sejahtera. Produk-produk ini merupakan pengembangan hilirisasi usaha pesantren, pasca penguatan sisi hulu oleh YABN.

Santri Ponpes Al Islam Kambitin, Nahdi, mengapresiasi dukungan Adaro terhadap pengembangan usaha pesantren, hingga dapat mengikuti Pekan Raya. Dia berharap hal ini memberikan manfaat bagi pesantren dan Adaro, serta dapat berlanjut ke tingkat provinsi, nasional, bahkan mancanegara.

“Omset disini alhamdulillah naik. Semakin banyaknya masyarakat yang lewat, semakin banyak juga yang datang kesini untuk membeli pak. Kalo biasanya kami di pondok jarang ada yang datang, karena sekarang kami dibantu oleh Adaro YABN, dengan adanya stand seperti ini memberikan peluang kepada kami untuk memasyarakatkan produk-produk yang ada di pesantren kami,” ujar Nahdi, santri Ponpes Al Islam Kambitin.

Baca Juga  Rebutkan Hadiah Puluhan Juta, Turnamen Sepakbola Tabalong Cup Dimulai

Produk-produk olahan yang dijajakan di stand Ponpes binaan YABN adalah miniatur kapal hasil kreasi olahan bambu, pentol ikan patin, amplang, abon, telur ayam, pupuk kompos, dan pupuk cair.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment