Program Bantuan Hewan Ternak Diharapkan Meningkat Tiap Tahun

by tabalong hari ini
0 comment

DPRD Kabupaten Tabalong meminta Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong meningkatkan program bantuan ternak setiap tahun nya. Pasalnya bantuan yang diberikan dinilai belum mencukupi kebutuhan ternak di Tabalong.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Komisi 2 DPRD Tabalong Mursalin usai menggelar rapat kerja bersama Disbunnak dan DKPPTPH Tabalong pada Rabu 11 Januari 2023.

Mursalin menekankan perlunya peningkatan program bantuan hewan ternak khususnya sapi dan juga unggas untuk kelompok tani di Tabalong. Pasalnya menurut Mursalin peningkatan bantuan tersebut perlu dilakukan dalam upaya pengembangan ternak sapi dan unggas dalam rangka memenuhi kebutuhan ternak Tabalong.

Selain itu  mursalin juga meminta agar nantinya pemberian bantuan hewan ternak turut dibarengi dengan upaya pemantauan dan pengawasan agar bantuan yang diberikan tepat sasaran dan tidak disalahgunakan.

“kami akan menekankan kepada  Disbunnak untuk pertama pengembangan sapi dan juga ternak unggas dan sebagainya untuk di Tabalong perlu di tingkatkan dan tidak terlepas dari itu juga perlu ada nya pemantauan dan pengawasan yg serius” ujarnya.

Berdasarkan data Disbunnak Tabalong di tahun 2021 Disbunnak Tabalong telah menyalurkan bantuan sebanyak 71 ekor kambing bibit, 4 ribu ekor itik DOD peking, 9 ribu ekor itik DOD alabio dan 94 ekor sapi potong bali betina. sedangkan di tahun 2022 akibat adanya wabah PMK, bantuan fokus pada ternak unggas yang terdiri dari ayam kampung induk sebanyak 1.500 ekor, DOD itik betina 1 sampai 7 hari sebanyak 6.500 ekor di APBD, dan DOD itik betina 1 sampai 7 hari sebanyak 5.000 ekor.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment