Home Editor's Picks Pemutakhiran Data PBB-P2 Menyasar 3 Kecamatan di Perkotaan

Pemutakhiran Data PBB-P2 Menyasar 3 Kecamatan di Perkotaan

by Muhammad Rais
0 comment

Sebagai upaya pemerintah daerah Kabupaten Tabalong untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, Badan Pendapatan Daerah akan melakukan pemutakhiran data bagi wajib pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan.

Sebanyak 20 ribu objek pajak PBB-P2 atau pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan yang berada di Kecamatan Murung Pudak, Tanjung, dan Tanta menjadi sasaran pemutakhiran data.

Dijelaskan Kepala Bidang Pendataan dan Pelayanan Bapenda Tabalong, Rahmadani, alasan daerah perkotaan menjadi prioritas utama pemutakhiran data lantaran sering kali terjadi perubahan objek pajak akibat adanya proses jual beli atau perubahan kepemilikan.

Dengan adanya pemutakhiran data pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan, pihaknya optimis target realisasi pajak tahun 2023 sebesar 5 miliar rupiah akan tercapai.

Mengingat selain memperbaharui data subjek dan objek pajak yang berubah, kegiatan pemutakhiran juga dapat menambah daftar wajib pajak baru.

“Insyaallah kita optimis bahwa dengan adanya pemutakhiran data ini, target kita akan tercapai karena dengan adanya pemutakhiran ini, disamping memperbaharui, memperbaiki data-data yang sudah ada, sekaligus juga nanti itu kan ada tambahan objek pajak baru, wajib pajak baru, ada perubahan. Misalnya, bumi yang objeknya belum terdaftar akan kita daftarkan, kemudian objeknya yang mana terdahulu mungkin yang dahulu kan hanya bangunan kayu atau sebelumnya berupa tanah kosong sekarang sudah berdiri bangunan baru. Nah itu kan menambah objek lagi, nah dengan adanya penambahan ini artinya potensi kita ini bertambah juga, akhirnya target itu akan tercapai,” ujar Rahmadani, Kepala Bidang Pendataan dan Pelayanan Bapenda Tabalong.

Baca Juga  Bawaslu Tabalong Buka Posko Aduan

Rahmadani menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk memberikan keterangan dan informasi sebenar-benarnya, sehingga data yang dikumpulkan oleh tim dari Bapenda Tabalong benar-benar valid dan akurat.

Diketahui, pemutakhiran data objek PBB-P2 akan dilakukan Bapenda Tabalong dalam 3 bulan terakhir tahun 2023.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment