Home Tabalong Hari IniPendidikan Pelatihan PHBK Melalui Adaro PAUD Berkarakter

Pelatihan PHBK Melalui Adaro PAUD Berkarakter

by tabalong hari ini
0 comment

PT Adaro Indonesia melalui Yayasan Adaro Bangun Negeri bekerjasama dengan Indonesia Heritage Foundation melaksanakan program Adaro PAUD Berkarakter melalui pelatihan pendidikan holistik berbasis karakter atau PHBK. Program ini menyasar sejumlah PAUD binaan Adaro yang ada di berbagai kabupaten.

Program Adaro PAUD Berkarakter melalui pendidikan holistik berbasis karakter atau PHBK ini ditujukan bagi PAUD binaan Adaro yang ada di Kabupaten Tabalong, Hulu Sungai Utara, Barito Timur, Barito Selatan, Tanah Laut, Kotabaru, dan Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan melalui Kepala Bidang PAUD dan Dikmas, Akhmad Syamsi, pada Senin, 3 Juli 2023, di Gedung Informasi Tanjung.

CSR Section Head PT Adaro Indonesia, Firmansyah, mengatakan bahwa PHBK merupakan salah satu program PT Adaro Indonesia yang bertujuan untuk membentuk perkembangan anak usia dini secara utuh atau holistik yang berkarakter, seperti mengembangkan aspek fisik, emosi, sosial, kreativitas, spiritual, dan intelektual siswa secara optimal.

“Harapannya nanti menciptakan generasi muda yang kuat, inovatif, dan berkarakter untuk menghadapi tantangan di masa depan. Harapannya kita dengan pelatihan hari ini akan memperluas konsep ini dan hasil sebelumnya memang bagus karena anak-anak bisa punya sifat sosial yang baik, rajin, kemudian disiplin, kemudian mereka siap untuk mendapatkan ilmu di tingkat berikutnya. Harapannya nanti karakternya siap jadi tidak hanya untuk ilmu saja tapi dengan karakternya yang paling penting,” ujar Firmansyah, CSR Section Head PT Adaro Indonesia.

Baca Juga  Dispora Tabalong Apresiasi Prestasi Winney Juara Di Nasional

Dalam penerapan konsep pendidikan holistik berbasis karakter, PT Adaro Indonesia melalui Yayasan Adaro Bangun Negeri dan Indonesia Heritage Foundation sejak tahun 2018 sampai tahun 2022 telah membina sebanyak 148 PAUD di 6 kabupaten/kota wilayah operasional Adaro di Kalimantan Selatan dan Tengah.

Hal tersebut mendapat tanggapan positif dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong melalui Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tabalong, Akhmad Syamsi. Ia menuturkan dengan adanya program ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas tenaga pendidik PAUD yang ada di Tabalong, sehingga ke depannya dapat mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk masa yang akan datang.

“Paling tidak kita bisa meningkatkan tenaga pendidik kita terutama kualitasnya, karena pendidikan anak usia dini ini yang diutamakan adalah pendidikan karakter sesuai dengan pelatihan yang ada ini kan berbasis karakter dan ini sesuai dengan apa yang kita inginkan bagaimana nanti transisi dari PAUD ke SD yang menyenangkan,” ujar Akhmad Syamsi, Kabid PAUD & Dikmas, Disdikbud Kab. Tabalong.

Berdasarkan hasil monitoring YABN tahun 2022, bahwa rata-rata 70 persen konsep PHBK telah berhasil diterapkan secara konsisten oleh para alumni. Sehingga melalui program tersebut, YABN telah mampu berkontribusi membentuk fondasi karakter anak usia dini.

Melihat dampak positif tersebut, melalui program Adaro PAUD Berkarakter, Adaro akan membina 15 PAUD di wilayah baru pada tahun 2023. Seperti Kabupaten Hulu Sungai Utara 2 PAUD, Tanah Laut 2 PAUD, Kotabaru 2 PAUD, Barito Timur 3 PAUD, Barito Selatan 2 PAUD, dan Kabupaten Lahat Sumatera Selatan 4 PAUD.

Baca Juga  Dewan Nilai Bimtek BPD Tabalong Penting Untuk Perjelas Tupoksi

Yang mana dari 15 PAUD tersebut akan diproyeksikan menjadi PAUD inti pada tahun 2024 dan dapat mengimbaskan ke PAUD yang ada disekitarnya.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment