Kenali Penyakit Scabies Pada Hewan Peliharaan

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Memelihara hewan berbulu seperti anjing dan kucing, haruslah dilakukan dengan seksama dan memerhatikan kebersihan serta kesehatan hewan. Salah satunya kebersihan bulu dan kulit hewan, yang harus terbebas dari parasit, kutu, hingga jamur.

Pasalnya hewan berbulu seperti kucing dan anjing rentan terpapar scabies. Scabies merupakan penyakit yang disebabkan oleh tungau yang berada di dalam kulit dan membentuk terowongan, sehingga membuat hewan memiliki rasa gatal dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan kulit.

Pertumbuhan dan penularan scabies tergolong sangat cepat. Tidak hanya ke sesama hewan, namun penyakit ini juga bisa menular ke manusia yang bersentuhan langsung dengan hewan yang terpapat scabies. Agar terhindar dari paparan scabies, pemilik hewan harus mengenali ciri-cirinya, sehingga dapat ditangani dengan cepat dan tidak menyebar ke orang di sekitarnya.

” gejala kucing yang kena yang kena scabies atau hewan-hewan umumnya pada kambing yang kena scabies itu di kucing umumnya nya jadi di telinga di ujung-ujungnya itu itu biasanya membentuk pembengkakan atau radang yang kedua dia ada sejenis keropeng atau kotoran yang nempel-nempel nah biasanya dia ada penyakit ikutan jamur juga ga muncul di situ biasanya kalau scabies jamur juga ada di situ di situ.” jelas dokter hewan, Suwandi

Suwandi pun menambahkan, sebagai upaya untuk menjaga hewan peliharaan untuk tetap sehat, kebersihan, nutrisi, serta lingkungan juga harus terus dijaga dengan baik. (Maria Ulfah).

Related Articles

Leave a Comment