Home Tabalong Hari Ini Dispersip Tabalong Targetkan 8 Titik Hunting Arsip di Tahun 2023

Dispersip Tabalong Targetkan 8 Titik Hunting Arsip di Tahun 2023

by Muhammad Rais
0 comment

Beragam upaya penyelamatan arsip dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong, khususnya bidang kearsipan, sepanjang tahun 2023. Salah satunya dengan melakukan hunting arsip di sejumlah titik di Kabupaten Tabalong.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong, dalam hal ini bidang kearsipan, melakukan hunting arsip atau penelusuran arsip statis di Kabupaten Tabalong dalam upaya penyelamatan arsip yang dimiliki perorangan, kelompok, maupun tokoh tertentu.

Di tahun 2023, bidang kearsipan Tabalong menetapkan delapan titik hunting arsip, yaitu ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan HSU untuk mengetahui peninggalan sejarah milik Kabupaten Tabalong, makam Datu Abi Sungai Rukam Kecamatan Pugaan, tokoh pembangunan H.M. Masyah Anshari di Desa Pudak Setegal Kecamatan Kelua, makam Datu KH Lukman Hakim di Desa Tantaringin Kecamatan Muara Harus, makam Datu Amin di Desa Bintang Ara Kecamatan Bintang Ara, tokoh pembangunan Hevia di Desa Lukbayur Kecamatan Tanta, makam KH Asnawi di Kelurahan Tanjung Kecamatan Tanjung, dan tokoh pembangunan Ariani As’ad di Kelurahan Pembataan Kecamatan Murung Pudak.

Kepala Bidang Kearsipan Dispersip Tabalong, Rahma Norita, menjelaskan bahwa hunting arsip merupakan upaya untuk menyelamatkan koleksi atau peninggalan yang memiliki nilai sejarah, sehingga dapat diketahui oleh masyarakat secara umum.

“Yang mana tugas kita selaku di bidang arsip, khususnya di bidang pengelola perlindungan dan penyelamatan arsip, menelusuri sejarah, menelusuri foto-foto, dan foto-foto ini kami akan jadikan koleksi memori bangsa,” ujar Rahma Norita, Kabid Kearsipan Dispersip Tabalong.

Baca Juga  Polres Tabalong Minta Pemotor Meng"Klik" Helm

Rahma Norita menambahkan bahwa hasil dari hunting arsip nantinya akan diunggah di website Tabalong Kab.SIKN.GO.ID atau Sistem Informasi Kearsipan Nasional Kabupaten Tabalong.

Website ini nantinya dapat menjadi rujukan sumber sejarah yang ada di Kabupaten Tabalong.

(Gazali Rahman/TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment