Home Tabalong Hari Ini DKPPTPH Tabalong Siapkan Bantuan untuk Petani Terdampak Banjir

DKPPTPH Tabalong Siapkan Bantuan untuk Petani Terdampak Banjir

by Muhammad Rais
0 comment

Banjir yang merendam seribu lebih lahan pertanian di Tabalong menyebabkan kerugian bagi petani. Menyikapi hal itu, Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DKPPTPH) Tabalong memastikan akan memberikan bantuan kepada petani.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Sarana Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPPTPH Tabalong, Kurdiansyah, saat ditemui di ruang kerjanya pada Rabu, 17 Januari 2024.

Kurdiansyah menjelaskan, berdasarkan data DKPPTPH Tabalong, banjir yang melanda 8 kecamatan di Tabalong mengakibatkan sebanyak seribu 675 hektar lahan pertanian terendam banjir.

Adapun lahan yang terendam terlebar di Kecamatan Tanta seluas 15 hektar, Kelua 999 hektar, Pugaan 16 hektar, Banua Lawas 155 hektar, Muara Harus 52, Tanjung 50 hektar, Haruai 91, dan Upau 297 hektar.

Akibat banjir tersebut, membuat para petani mengalami kerugian lantaran bibit yang telah disemai rusak dan berimbas pada mundurnya jadwal tanam.

Menyikapi hal itu, Kurdi memastikan DKPPTPH Tabalong akan memberikan bantuan bibit kepada para petani yang terdampak banjir.

“Jadi kalau untuk sekarang karena tanaman kita ini masih baru tanam memang tidak terasa, mungkin 3 4 bulan ke depan, makanya Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura alhamdulillah mulai dua hari yang lalu sudah mulai dropping bantuan.” ujar Kurdiansyah, Kabid Sarana Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPPTPH Tabalong.

Baca Juga  Olahan Clay IRT di Tabalong Tembus Pasar Mancanegara

Kurdiansyah menambahkan, pihaknya akan terus memantau terjadinya banjir pada lahan pertanian di Kabupaten Tabalong, dan tahun ini DKPPTPH Tabalong juga akan melakukan antisipasi terhadap bencana yang dapat mempengaruhi pertanian yang ada di Kabupaten Tabalong.

Disamping itu, seiring dengan adanya program Gerakan Nasional Antisipasi Dampak El Nino, Kurdiansyah memastikan saat ini banjir yang melanda lahan pertanian masih belum berdampak pada stok pangan di Kabupaten Tabalong.

(Dano Nafarin/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment