Home Tabalong Hari IniPendidikan Calon Guru Penggerak Tabalong Pamerkan Aksi Nyata pada Lokakarya ke-7

Calon Guru Penggerak Tabalong Pamerkan Aksi Nyata pada Lokakarya ke-7

by Muhammad Rais
0 comment

Puluhan calon Guru Penggerak serta pengajar praktik Angkatan ke-7 Kabupaten Tabalong melaksanakan Festival Panen Hasil Belajar dari Lokakarya ke-7 Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan ke-7 tahun 2023.

Sebanyak 46 orang calon Guru Penggerak dari jenjang SMK, SMA, SMP, SD, dan TK, serta 10 orang pengajar praktik Angkatan ke-7 Kabupaten Tabalong, melaksanakan kegiatan Lokakarya ke-7 atau panen hasil belajar calon Guru Penggerak, yang dilaksanakan pada Sabtu, 8 Juli 2023, di Auditorium Islamic Center Maburai.

Kegiatan Lokakarya ke-7 atau panen hasil belajar ini merupakan bentuk nyata dari hasil pembelajaran selama 6 bulan yang telah diikuti oleh para calon Guru Penggerak Angkatan ke-7 Kabupaten Tabalong.

Selama 6 bulan tersebut, calon Guru Penggerak telah menyelesaikan tugas 10 modul melalui sistem manajemen pembelajaran, baik mengikuti pertemuan daring dengan fasilitator dan instruktur, serta menerima kunjungan pengajar praktik di sekolah dan kegiatan Lokakarya setiap bulan sebagai kegiatan rutinitas disamping kegiatan sebagai guru di sekolah masing-masing.

Aksi tersebut ditunjukkan dengan adanya stand pameran Lokakarya 7 dari masing-masing kelompok, yang menampilkan hasil program-program yang sudah dilaksanakan oleh masing-masing calon Guru Penggerak.

Koordinator pengajar praktik Pendidikan Guru Penggerak Angkatan ke-7 Kabupaten Tabalong, Gusti Rahmatul Hidayah saat diwawancarai mengharapkan ke depannya agar para calon Guru Penggerak ini dapat melanjutkan pembelajaran ke tahapan selanjutnya.

Baca Juga  Biaya Haji 2023 Resmi Ditetapkan

“Harapan saya sebagai pengajar praktik semoga nanti mereka juga para calon Guru Penggerak ini bisa mengikuti atau melanjutkan kembali ke tahap selanjutnya, misalkan menjadi pengajar praktik atau menjadi fasilitator atau instruktur untuk kegiatan calon Guru Penggerak,” ujar Gusti Rahmatul Hidayah, Koordinator pengajar praktik Pendidikan Guru Penggerak Angkatan ke-7 Kab. Tabalong.

Gusti mengakui bahwa selama melakukan pendampingan terhadap calon Guru Penggerak Angkatan ke-7 Kabupaten Tabalong ini, para calon Guru Penggerak selalu bersemangat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dalam dunia pendidikan, dan selama pembelajaran calon Guru Penggerak pun selalu siap untuk dilakukan monitoring dan evaluasi oleh Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Selatan.

Selain itu, diharapkan agar calon Guru Penggerak ini dapat memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri sendiri dan juga orang lain, mampu memanajemen diri dan sekolah, mampu menjadi seorang pemimpin dalam pembelajaran serta memiliki kematangan emosial untuk mengambil keputusan bernilai kebijakan.

Hal ini pun diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi guru yang lainnya untuk dapat terlibat dalam program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan selanjutnya.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment