Home Tabalong Hari Ini Bulan Oktober 2023, Kota Tanjung Alami Inflasi Year on Year 2,49%

Bulan Oktober 2023, Kota Tanjung Alami Inflasi Year on Year 2,49%

by Muhammad Rais
0 comment

Pada bulan Oktober 2023, Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, mengalami inflasi Year on Year sebesar 2,49 persen. Data dari BPS Tabalong menunjukkan bahwa perkembangan harga berbagai komoditas pada Oktober 2023 secara umum menunjukkan adanya kenaikan.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Tabalong, pada bulan Oktober 2023, Kota Tanjung mengalami inflasi Year on Year sebesar 2,49 persen, atau terjadi kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 113,90 pada Oktober 2022 menjadi 116,74 pada Oktober 2023.

Sedangkan untuk Tingkat inflasi Month to Month sebesar 0,60 persen, dengan tingkat inflasi Year to Date sebesar 1,64 persen.

Secara umum, perkembangan harga berbagai komoditas pada Oktober 2023 di Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, menunjukkan adanya kenaikan harga, yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran, seperti kelompok makanan, minuman, dan tembakau.

Komoditas yang dominan memberikan andil atau sumbangan inflasi Year on Year pada Oktober 2023, antara lain beras, tarif air minum PAM, rokok kretek filter, emas perhiasan, rokok putih, angkutan antar kota, susu bubuk, bawang putih, minyak goreng, dan udang basah.

Sementara komoditas yang memberikan andil atau sumbangan deflasi Year on Year, antara lain daging ayam ras, bawang merah, pasir, terong, ikan baung, daseter, cabai rawin, sabun detergen bubuk atau cair, sawi hijau, dan televisi berwarna.

Baca Juga  Persani Tabalong Belum Bisa Sumbangkan Medali Di Porprov Kalsel Ke Xi

Sedangkan Komoditas yang memberikan andil atau sumbangan inflasi Month to Month pada Oktober 2023, antara lain daging ayam ras, bensin, cabai rawit, beras, dan kacang panjang. Sementara komoditas yang memberikan andil atau sumbangan deflasi Month to Month, antara lain bawang merah, terong, pasir, bayam, dan ikan layang atau ikan benggol.

Dari 3 kota IHK di Kalimantan Selatan, seluruhnya mengalami inflasi pada bulan Oktober 2023, dengan kota tertinggi yaitu Kota Tanjung sebesar 0,60 persen, lalu Kotabaru sebesar 0,49 persen, dan Banjarmasin sebesar 0,09 persen.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment