Home Editor's Picks Penanganan Pengangguran Terbuka Jadi Perhatian Serius Pemkab Tabalong

Penanganan Pengangguran Terbuka Jadi Perhatian Serius Pemkab Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Upaya Menekan Angka Pengangguran Jadi Perhatian Serius Pemerintah Kabupaten Tabalong di Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2024 Mendatang. Pasalnya, di tahun 2022 pengangguran terbuka di Tabalong mencapai angka 4,46 persen.

Hal tersebut disampaikan langsung Bupati Tabalong Anang Syakhfiani saat membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 tingkat Kabupaten Tabalong pada 28 Maret 2023, di Pendopo Bersinar Pembataan.

Anang menjelaskan, tingkat pengangguran terbuka Tabalong mengalami kenaikan sebesar 1,03 persen dari 3,43 persen di tahun 2021 menjadi 4,46 persen di tahun 2022.

Menurutnya, fenomena meningkatnya pengangguran terbuka tidak hanya terjadi di Tabalong saja, namun juga terjadi di sejumlah daerah lain di Kalimantan Selatan bahkan Indonesia yang disebabkan salah satunya oleh bonus demografi.

Lebih lanjut Anang menjelaskan, fenomena tersebut juga disebabkan adanya lulusan sarjana dan anak usia sekolah yang masuk angkatan kerja namun tidak didukung dengan bertambahnya lapangan kerja.

Untuk itu, Bupati Anang meminta agar pengangguran terbuka menjadi konsen dan perhatian serius dalam RKPD tahun 2024 mendatang.

“Oleh sebab itu saya mengharapkan Pak Bappedalitbang, soal ini menjadi konsen kita di 2024. Saya ingin memberikan beberapa rekomendasi Pak Fani yang pertama kita harus melanjutkan kegiatan latihan pra kerja di Balai Latihan Kerja kita. Hadirin sekalian, saya tidak pernah membayangkan Pak, di pusat latihan kerja kita itu tidak sedikit lulusan S1 yang mengikuti pelatihan dan mereka harus melalui proses seleksi. Tidak ada lagi kegiatan pelatihan di BLK itu yang tidak melalui proses seleksi ya Pak Zulfan ya, semuanya seleksi Pak itu karena apa saja banyaknya peminatnya dan alhamdulillah mulai berkualitasnya lulusan pelatihan ini. Jadi kalau sarjana masuk kesini, mohon maaf sarjana agama pendidikan dan lain-lain masuk kesini mengikuti satu kegiatan pelatihan maka ini adalah satu cara efektif untuk menghindari pengangguran terbuka yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun,” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Baca Juga  Soroti Pekerja Lokal, Komisi II DPRD Tabalong Datangi PT Elbana

Anang menambahkan, di akhir masa jabatannya ia akan terus memperjuangkan hadirnya Balai Latihan Kerja skala menengah di Kabupaten Tabalong.

Diketahui, Musrenbang RKPD 2024 Tabalong berhasil menghimpun total sebanyak 2.553 usulan yang terdiri dari 2.228 usulan Musrenbang di 12 kecamatan dan 325 usulan dari pokok-pokok pikiran DPRD. Dari total usulan tersebut, sebanyak 908 usulan tidak dapat diproses, dan 1.453 usulan lainnya dilanjutkan ke forum SKPD.

(Gazali Rahman/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment