Home Tabalong Hari IniPendidikan 21 Sekolah Bersaing di Ajang Lomba Cerdas Cermat Seni Budaya dan Permuseuman

21 Sekolah Bersaing di Ajang Lomba Cerdas Cermat Seni Budaya dan Permuseuman

by tabalong hari ini
0 comment

Upaya Meningkatkan Minat Pelajar di Bidang Pengetahuan Seni Budaya dan Permuseuman. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tabalong menggelar Lomba Cerdas Cermat Seni Budaya dan Permuseuman tingkat SLTP se Kabupaten Tabalong pada Selasa, 30 Mei 2023.

Melalui bidang kebudayaan Disdikbud Tabalong, Lomba Cerdas Cermat Seni Budaya dan Permuseuman diikuti sebanyak 21 tim dari 21 sekolah lanjutan tingkat pertama atau SLTP yang ada di Tabalong.

Para peserta bersaing di tiga tahap penjaringan mulai dari babak penyisihan, semifinal, dan final.

Dalam lomba ini, setiap tim diberikan 5 soal mutlak dan 5 soal rebutan dari 3 dewan juri yang berasal dari praktisi kebudayaan, pengawas Disdikbud Tabalong, dan akademisi.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdik Tabalong, Rahmanto, menjelaskan bahwa guna memperluas penjaringan lomba, pihaknya berencana akan mengadakan Lomba Cerdas Cermat dan Permuseuman yang lebih meriah.

“InsyaAllah pada waktu yang akan datang, yang mana kegiatan pada hari ini itu nanti akan kita evaluasi, nanti akan kita tindaklanjuti, mudah-mudahan di waktu yang mendatang ini akan lebih banyak lagi pesertanya. Dalam hal ini, penjaringan lebih luas lagi, sehingga apa yang kita dapatkan ini persaingan itu lebih ketat dan lebih luas, sehingga hasil yang kita dapatkan nantinya di tingkat provinsi ini juga kita harapkan yang lebih baik,” ujar Rahmanto.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tabalong, Hasbi, menilai kegiatan ini sangat positif, terlebih dalam hal meningkatkan pengetahuan dan kecintaan pelajar SLTA di Tabalong tentang seni budaya dan permuseuman.

Baca Juga  Penjualan Peralatan Berhaji Meningkat Di Tabalong

“Ini suatu hal yang sangat bagus karena kita melihat bahwa anak-anak kita sekarang ini kurang mengenal dari seni kebudayaan, situs budaya, kemudian peninggalan-peninggalan dari budaya Kabupaten Tabalong. Dengan adanya event seperti ini akan memberikan motivasi baik kepada anak, kemudian kepada guru untuk wawasan yang lebih baik tentang budaya daerah sini,” kata Hasbi, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tabalong.

Lomba Cerdas Cermat Seni Budaya dan Permuseuman tingkat Kabupaten Tabalong tahun ini dimenangkan oleh SMP Plus Murung Pudak, disusul juara kedua SMPN 4 Kelua, dan juara ketiga diraih oleh SMPN 2 Muara Harus.

SMP Plus Murung Pudak pun nantinya akan mewakili Kabupaten Tabalong di ajang serupa di tingkat provinsi Kalimantan Selatan.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment