Home Tabalong Hari Ini Waspada Karhutla, BPBD Minta Warga Tak Buka Lahan Dengan Cara Dibakar

Waspada Karhutla, BPBD Minta Warga Tak Buka Lahan Dengan Cara Dibakar

by Muhammad Rais
0 comment

BPBD Tabalong gencar imbau masyarakat tidak membuka lahan dengan cara dibakar untuk mencegah terjadinya Karhutla. Pasalnya, Tabalong tengah memasuki puncak musim kemarau, yang dapat meningkatkan potensi Karhutla.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tabalong telah menetapkan siaga Karhutla sejak 20 Mei hingga 31 Oktober 2023, penetapan siaga Karhutla lantaran Tabalong tengah memasuki musim kemarau.

Berdasarkan pengamatan dan data BMKG per 2 Agustus 2023, telah ditemukan 38 titik api di Tabalong, sekretaris BPBD Tabalong, Muhammad Joko, menjelaskan dari 38 api tersebut, 10 diantaranya merupakan kebakaran hutan dan lahan. Joko menekankan pihaknya terus mengimbau masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar, serta melakukan kesiapsiagaan pada potensi Karhutla.

“Minta tolong kepada masyarakat untuk jangan istilahnya pembukaan lahan apalagi ini sekarang ini menghadapi musim kemarau puncak-puncaknya antara bulan Agustus sampai dengan September karena itu akan mengakibatkan penyebaran pembukaan lahan yang melebar jadi mengakibatkan adanya asap pengiriman asap ke daerah-daerah lain yang mengakibatkan nantinya itu bisa penyakit ISPA atau gangguan pernapasan dan lainnya,” ujar Muhammad Joko, Sekretaris BPBD Tabalong.

Untuk mengantisipasi Karhutla di Tabalong, BPBD bekerjasama dengan TNI Polri, Brimob, KOMPI 361, KPH, Dinkes, RAFI, dan berbagai stakeholder terkait lainnya.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

You Might Be Interested In
Baca Juga  Pesta Buah, Cara DKPPTPH Ajak Masyarakat Menanam

Related Articles

Leave a Comment