Home Tabalong Hari Ini Terima Bantuan Alsintan, Petani: Mempermudah dan Menekan Biaya Produksi

Terima Bantuan Alsintan, Petani: Mempermudah dan Menekan Biaya Produksi

by Muhammad Rais
0 comment

Bantuan Alsintan yang diberikan Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong mendapat tanggapan positif dari sejumlah petani. Selain memudahkan, Alsintan ini dinilai mampu menekan tenaga hingga biaya.

Seperti yang dirasakan Ketua Gapoktan Karya Sejahtera Desa Bongkang Kecamatan Haruai, Nur Cahyono, yang ditemui usai menerima bantuan Alsintan dari Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DKPPTPH) Kabupaten Tabalong, Jumat, 1 September 2023, di halaman kantor DKPPTPH Tabalong.

Cahyo mengaku senang dengan adanya bantuan alat dan mesin pertanian yang diberikan untuk membantu petani mengolah tanah. Pasalnya, dengan adanya Alsintan, ia mengaku pekerjaan yang ia lakukan dapat jauh lebih efisien dibandingkan biasanya. Selain itu, ia juga mampu menekan biaya pengeluaran.

“Ya, sebelum punya alat seperti ini, kendalanya kami sangat banyak memakan biaya, terutama tenaga manusia. Satu orang itu 100 ribu atau 150 ribu per hari, jadi hasilnya tidak mencukupi. Dengan adanya alat Alsintan seperti handtractor dan kultivator ini, tenaga manusia selama satu minggu ini bisa dilaksanakan dengan handtractor hanya satu hari. Itulah sangat mendukung program kami.” ujar Nur Cahyono, Ketua Gapoktan Karya Sejahtera Desa Bongkang

Senada dengan Nur Cahyono, anggota Gapoktan dari Desa Wirang Kecamatan Haruai Urul Yani, mengaku sangat senang dengan adanya bantuan ini. Pasalnya, dengan adanya Alsintan, proses bercocok tanam dapat jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan hanya mengandalkan tenaga manusia.

Baca Juga  Seluruh Kelurahan/Desa Ditetapkan Sebagai Kampung Keluarga Berkualitas

“Alhamdulillah mendapat penunjang untuk desa horti, kami Desa Wirang dimasukkan kampung horti. Alhamdulillah dapat penunjang supaya kampung horti lebih maju bisa mudah untuk bertanam untuk hortinya dan petani selama ini hanya mengeluhkan alat. Jadi dengan adanya ini, mungkin, bukan lagi, ini pasti untuk menunjang kampung hortinya.” ujar Urul Yani, Anggota Gapoktan Harapan Jaya Desa Wirang

Diketahui, total sebanyak 15 unit alat dan mesin pertanian berupa kultivator dan tractor rotary diserahkan kepada 10 Gapoktan yang ada di 10 desa di Kabupaten Tabalong.

Sebanyak 5 unit kultivator diserahkan bagi Gapoktan di kampung hortikultura yang ditetapkan pada tahun 2022 lalu, seperti Desa Catur Karya, Kembang Kuning, Lokbatu, dan Masingai I Kecamatan Haruai serta Desa Masingai II Kecamatan Upau. Masing-masing desa mendapatkan bantuan 1 unit kultivator.

Sedangkan 5 unit kultivator dan 5 unit tractor rotary diserahkan bagi Gapoktan di kampung hortikultura yang ditetapkan pada tahun 2023, seperti Desa Seradang, Wirang, Nawin, Bongkang, dan Hayup Kecamatan Haruai. Masing-masing desa mendapatkan 1 unit kultivator dan 1 unit tractor rotary.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment