Metode Pruning Beri Banyak Manfaat Bagi Tanaman Buah

by tabalong hari ini
0 comment

Inilah proses pruning atau pemangkasan cabang yang dilakukan pemilik kebun buah segar Refresh Tabalong, Pajarudin.

Pruning sendiri dapat dilakukan di berbagai jenis tanaman, dengan jangka waktu kurang lebih 3 bulan sekali.

Pruning sendiri memberikan berbagai macam manfaat, yakni, memberikan ruang kepada tanaman untuk berfotosintesis dengan baik, memberi ruang untuk penyerapan matahari, mengurangi populasi hama, hingga memudahkan pengambilan buah.

Pemilik kebun buah segar Refresh Tabalong, Pajarudin mengatakan, dari berbagai manfaat tersebut, utamanya pruning bertujuan untuk mempercepat pembuahan dengan hasil yang maksimal, pasalnya lokasi pruning tersebut nantinya akan di tumbuhi bakal buah, yang akan menjadi buah. Dirinya juga mengingatkan untuk tidak melakukan pruning lebih awal karena berpengaruh pada pertumbuhan tanaman itu sendiri.

“Memudahkan kita mengambil buah dan tadi mempermudah cahaya matahari masuk dan juga mempercepat pembuahan pak, soalnya batangnya akan cepat tua karena nitrogen-nitrogen kita hambat lalu menjadi generative, yang tadinya vegetative bisa menjadi generative,” tuturnya.

Pajarudin menambahkan, terdapat manfaat lainnya yang dapat menghasilkan rupiah saat proses pruning, yakni dengan menyisakan satu atau dua batang saat melakukan pruning, untuk nantinya di jadikan bibit.

Pajarudin menilai pertanian itu bukan hanya masalah teori tetapi yang terpenting adalah pengamatan, seperti yang dilakukannya setiap hari, mulai dari interaksi, analisa, dan melakukan perbandingan dari ilmu yang iya dapat melalui media sosial, sehingga dapat menghasilkan produksi yang maksimal.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment