Home Tabalong Hari Ini Pendampingan Hukum Bidang Datun, Pemkab Gandeng Kejari Tabalong

Pendampingan Hukum Bidang Datun, Pemkab Gandeng Kejari Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong kembali bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Tabalong dalam upaya penanganan hukum perdata dan tata usaha negara. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama pada Selasa, 5 September 2023, di Balai Rakyat Haji Dandung Sukhrowardi, Komplek Pendopo Bersinar Pembataan.

Penandatanganan perpanjangan kesepakatan bersama terkait penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara dilakukan langsung oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, dan Kepala Kejaksaan Negeri Tabalong, Mohamad Ridosan.

Penandatanganan dilakukan sebagai upaya Kejaksaan Negeri Tabalong untuk meningkatkan efektivitas dan membantu pemerintah daerah dalam menghadapi masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara.

Kepala Kejaksaan Negeri Tabalong, Mohamad Ridosan, mengungkapkan upaya ini tidak lepas dari tugas dan wewenang Kejaksaan sebagai kantor pengacara negara yang bertugas selaku jaksa pengacara negara. Tugas dan wewenang tersebut berupa bantuan hukum, pertimbangan hukum, pelayanan hukum, penegakan hukum, dan tindakan hukum lainnya.

“Bantuan hukum yang diberikan kepada instansi negara atau instansi pemerintah atau BUMN/BUMD atau pejabat tuntutan didalam ruang lingkup perkara perdata atau tuntutan berdasarkan surat kuasa khusus untuk penyelesaian kasus tersebut dapat diselesaikan didalam pengadilan litigasi atau diluar pengadilan non-litigasi yaitu mewakili instansi pemerintah, BUMN atau BUMD.” ujar Mohamad Ridosan, Kepala Kejari Tabalong

Sementara itu, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, berharap kerjasama ini dapat berdampak positif terhadap upaya memacu percepatan pembangunan di Tabalong.

Baca Juga  Tuntaskan Desa Tidak Ada dan Lemah Sinyal, 20 BTS Akan Dibangun di Tabalong

“Perpanjangan ini sebagai isyarat bahwa kerjasama yang sudah kita lakukan penandatanganan berkali-kali ini mempunyai makna yang besar bagi kami, dan jujur ingin kami katakan bahwa kami merasa nyaman dengan kerjasama ini, untuk itu kami ingin mengucapkan terima kasih. Semoga kerjasama ini berdampak lebih positif lagi terhadap upaya untuk memacu percepatan pembangunan di daerah ini.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong

Bupati Anang menambahkan bahwa melalui kerjasama ini, diharapkan akan membawa dampak besar dalam upaya Pemkab Tabalong meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan pembinaan kemasyarakatan.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment