Home Editor's Picks Kelompok Prima Garungggung dan Waling Dilatih Cara Hias Kue

Kelompok Prima Garungggung dan Waling Dilatih Cara Hias Kue

by tabalong hari ini
0 comment

Dalam rangka meningkatkan taraf perekonomian keluarga di Kabupaten Tabalong, Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong kembali menggelar pelatihan menghias kue bagi perempuan yang tergabung dalam Kelompok Prima. Kali ini, pelatihan menyasar warga di Kecamatan Bintang Ara dan Tanjung.

Kegiatan pelatihan ini digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Tabalong melalui bidang pemberdayaan perempuan. Kegiatan pelatihan yang dipusatkan di gedung serbaguna Desa Garungggung ini diikuti oleh 20 peserta dari Kelompok Perempuan Indonesia Maju Mandiri atau Prima yang berasal dari Desa Garungggung Kecamatan Tanjung dan Desa Waling Kecamatan Bintang Ara.

Pelatihan ini sendiri digelar sebagai langkah Pemerintah Kabupaten Tabalong dalam membekali dan meningkatkan skill para ibu rumah tangga untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Tabalong, Rusmadi, menjelaskan bahwa para peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan peningkatan keterampilan tidak hanya diberi materi terkait teknik menghias kue saja, namun pihaknya juga akan menampung dan membantu memasarkan hasil produk dari para anggota Kelompok Prima.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan keterampilan pada kaum perempuan yang mana hasil dari kegiatan pelatihan ini mereka dapat berusaha di bidang khususnya kan hari ini di bidang menghias kue. Kue-kue yang dihasilkan itu tentunya kita juga akan membantu untuk pemasaran, ya itu kita mempunyai toko atau depot oleh-oleh Tabalong Prima namanya yang ada di kuliner Mabuun. Kita siap menampung hasil-hasil karya perempuan prima tersebut untuk menitipkan barangnya,” kata Rusmadi.

Baca Juga  Sukses Kendalikan Inflasi, Pemkab Tabalong Kembali Launching "SI JULAKWASI" Tahap II

Sementara itu, Camat Tanjung Rofik Aziddin mengapresiasi pelatihan peningkatan keterampilan bagi warganya. Ia pun berharap agar pelatihan yang telah diberikan dapat memberikan dampak positif bagi peserta terlebih mampu meningkatkan perekonomian keluarga.

“Kami berharap pelatihan ini memberikan dampak bagi ibu-ibu yang berada di dalam Kelompok Prima sehingga mereka mampu mengupgrade skillnya dan bisa menambah penghasilan bagi keluarganya karena ini adalah output dari Kelompok Prima. Kelompok Prima itu adalah salah satu bagian dari upaya kita untuk memberikan kekuatan ketahanan bagi keluarga,” ujar Rofik.

Pada kesempatan ini, para peserta juga dibekali materi terkait proses pembuatan izin usaha dan teknik pemasaran oleh perwakilan PLUT KUKM Tabalong.

Maria Ulfah/TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment