Home Tabalong Hari Ini Percepat Kepemilikan NIB, DPMPTSP Perkuat Layanan Jempol Ibu

Percepat Kepemilikan NIB, DPMPTSP Perkuat Layanan Jempol Ibu

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu DPMPTSP Tabalong di tahun 2024 menargetkan ratusan pelaku usaha memiliki Nomor Induk Berusaha atau NIB. NIB tersebut nantinya akan diberikan melalui program Jempol Ibu.

DPMPTSP Tabalong melalui bidang pelayanan perizinan dan non-perizinan menargetkan 480 pelaku usaha dengan risiko rendah di Tabalong memiliki Nomor Induk Berusaha atau NIB di tahun 2024.

NIB tersebut diberikan secara gratis melalui program Jempol Ibu atau Jemput Bola Pelayanan Perizinan Berusaha yang akan digelar di 12 kecamatan.

Kepala Bidang Pelayanan Perizinan dan Non-perizinan DPMPTSP Tabalong, Dahlan, menuturkan program Jempol Ibu tersebut akan dilaksanakan Maret mendatang, di mana saat ini pihaknya masih melakukan identifikasi terhadap pelaku usaha berdasarkan data Diskop UKM Perindag Tabalong.

“Karena tujuan utama dari Jempol Ibu ini adalah pelaku usaha UMK, jadi usaha mereka itu risiko rendah. Kalau untuk risiko skala usaha rendah, persyaratan untuk memiliki NIB cukup mudah, yaitu cukup dengan KTP dan nomor WhatsApp aktif. Kalau ada bisa email, cuma email tidak menjadi syarat utama, cukup dua itu tadi saja, KTP dan nomor WhatsApp aktif,” kata Dahlan, Kabid Pelayanan Perizinan dan Non-perizinan DPMPTSP Tabalong.

Dahlan menambahkan, sejak diluncurkan tahun 2022 lalu, penerbitan NIB melalui Jempol Ibu semakin meningkat. Di tahun 2022, dari target 78 NIB, terealisasi atau telah terbit sebanyak 75 NIB. Di tahun 2023, dari target 280 NIB, terealisasi atau telah terbit sebanyak 371 NIB.

Baca Juga  Siswa SMPN 4 Haruai Kini Bisa Ikuti ANBK Online Di Hegarmanah

Sedangkan secara keseluruhan, baik melalui layanan Jempol Ibu, paliat online, maupun layanan langsung di loket DPMPTSP di Mal Pelayanan Publik, jumlah NIB yang telah diterbitkan mencapai 4000 NIB.

(Gazali Rahman/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment