Home Editor's Picks Rekayasa Lalin Jelang Kedatangan Jamaah Haji Tabalong

Rekayasa Lalin Jelang Kedatangan Jamaah Haji Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong telah mempersiapkan rekayasa lalu lintas dan telah menentukan kantong parkir untuk menyambut kedatangan Jamaah Haji Tabalong Kluster 2 Embarkasi Banjarmasin. Jamaah Haji Tabalong Kluster 2 diperkirakan akan tiba di Tabalong pada Selasa malam tanggal 11 Juli 2023.

Rekayasa lalu lintas untuk menyambut kedatangan Jamaah Haji Kluster 2 Kabupaten Tabalong disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Tabalong, Tumbur Manalu, saat menghadiri rapat finalisasi persiapan penyambutan Jamaah Haji Tabalong Kluster 2 Embarkasi Banjarmasin pada Rabu 5 Juli 2023 di ruang kerja Asisten Pemerintahan dan Kesra Tabalong.

Dalam rapat ini disampaikan bahwa terdapat 8 buah bus yang membawa Jamaah Haji Tabalong Kluster 2 dari arah Banjarmasin menuju Kabupaten Tabalong. Setibanya di Tabalong, bus tersebut akan putar balik melintasi Obor Mabu’un, lalu berbelok untuk menuju halaman kantor DPRD Tabalong yang menjadi lokasi penyambutan kedatangan Jamaah Haji.

Dan ketika kedatangan Jamaah Haji, Dinas Perhubungan Tabalong akan melakukan penundaan sementara lalu lintas bagi pengendara yang melintasi jalan depan kantor DPRD Tabalong. Selain itu, persimpangan U-turn depan Wong Solo nantinya akan ditutup sementara, dan lalu lintas dapat normal kembali apabila kegiatan penyambutan Jamaah Haji telah selesai.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong, Tumbur Manalu, mengatakan bahwa apabila pengendara ingin melanjutkan perjalanan tanpa adanya penundaan sementara dari petugas, maka ada alternatif jalan lain yang dapat dilintasi para pengendara.

Baca Juga  100 Penyandang Disabilitas Bakal Terima Bantuan Rp. 300 Ribu Per Bulan

“Seandainya memang ada tundaan atau kemacetan sementara, mungkin ada instruksi bagi warga yang ingin menuju Tanjung atau daerah-daerah lainnya bisa diarahkan lewat Saka Permai atau mungkin arah jalan Nan Sarunai menuju Tanjung, nah itu mungkin beberapa alternatif seandainya nanti warga atau masyarakat yang ingin berakses melewati jalan-jalan tertentu alternatif sehingga bisa berakses,” ujar Tumbur P. Manalu, Kepala Dinas Perhubungan Tabalong.

Selain itu, Dinas Perhubungan Tabalong juga telah menyediakan titik-titik parkir kendaraan bagi keluarga yang ingin menjemput Jamaah Haji. Lokasinya berada di SDN Hasbunallah, Taman Tanjung Bersinar, Expo Center, Terminal Mabuun, dan Mal Pelayanan Publik. Kelima titik tersebut diperkirakan dapat menampung sekitar 425 kendaraan roda empat dan 495 kendaraan roda dua.

Diketahui, 322 Jamaah Haji Tabalong, 1 orang pendamping Haji Daerah, dan 5 petugas Kluster yang masuk dalam Kluster 2 Embarkasi Banjarmasin diterbangkan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GA 8202 pada pukul 16.20 Senin 10 Juli 2023 dari Bandara King Abudl Azis Jeddah. Diperkirakan pesawat yang mengangkut 328 Jamaah Haji ini tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin pada pukul 10.45 Selasa 11 Juli 2023.

(Nova Arianti/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment