Home Editor's Picks Halaman DPRD Tabalong Jadi Titik Kedatangan Jamaah Haji Kluster 2 Tabalong

Halaman DPRD Tabalong Jadi Titik Kedatangan Jamaah Haji Kluster 2 Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Ratusan Jamaah Haji Tabalong yang Termasuk Kluster 2 Embarkasi Banjarmasin dijadwalkan tiba pada 11 Juli 2023 pukul 19.30 malam di Kabupaten Tabalong. Titik kedatangan Jamaah Haji kali ini sama seperti tahun sebelumnya, yaitu di halaman kantor DPRD Tabalong Mabuun.

Rencana kedatangan Jamaah Haji Tabalong dibahas dalam rapat finalisasi persiapan penyambutan Jamaah Haji Tabalong Kluster 2 Embarkasi Banjarmasin yang dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesra Tabalong, Febriadin Hapiz, pada Rabu 5 Juli 2023 di ruang kerjanya.

Rapat ini diikuti stakeholder terkait dari Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kementerian Agama Tabalong, dan Polres Tabalong.

Kepala Kantor Kementerian Agama Tabalong, Sahidul Bakhri, yang ditemui usai rapat mengatakan Jamaah Haji Kluster 2 Embarkasi Banjarmasin sebanyak 328 orang, terdiri dari 322 Jamaah Haji Tabalong, 1 pendamping Haji Daerah, dan 5 petugas Haji.

Ratusan Jamaah Haji tersebut dijadwalkan tiba pada 11 Juli 2023 pukul 10.45 pagi di Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Pasca landing, para Jamaah Haji melakukan pemeriksaan terlebih dahulu di asrama Haji Banjarbaru sebelum berangkat ke Tabalong.

“Nanti di Embarkasi Banjarmasin ada pemeriksaan dan sebagainya, kesehatan, termasuk imigrasi. Nah, setelah itu nanti mereka akan kita siapkan untuk kita dorong menuju ke Tabalong,” ujar Sahidul Bakhri, Kepala Kantor Kemenag Tabalong.

Baca Juga  Tangkap Pengoplos LPG Bersubsidi, Polisi: Keuntungan Rp.50 Juta per Bulan

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Tabalong, Alipansyah, menuturkan bahwa untuk memfasilitasi Jamaah Haji yang bertolak dari asrama Haji, Pemkab Tabalong menyediakan 8 unit bus dan 1 unit bus cadangan. Selain itu, tim kesehatan dan sarana mobil ambulance juga akan disiapkan, serta fasilitas makan dan minum.

Berdasarkan estimasi perjalanan, Jamaah Haji Tabalong dijadwalkan tiba pukul 19.30 malam di halaman DPRD Tabalong, Mabuun, Kecamatan Murung Pudak. Sebelum tiba di Tabalong, para Jamaah akan melaksanakan sholat Maghrib di Balangan.

“Nah, untuk itu jadi kita untuk sholat Maghrib di Masjid Al-Akbar Balangan. Nah, di situ mereka kita berikan persiapan untuk ishoma, sholat, makan, dan istirahat sebentar. Kemudian setelah itu kita berangkatkan ke Tabalong,” ujar Alipansyah, Kabag Kesra Setda Tabalong.

Alipansyah menambahkan bahwa mengingat kedatangan Jamaah Haji tahun ini malam hari, maka Pemkab Tabalong melalui Dinas Perkim akan menambah sarana penerangan di halaman DPRD Tabalong.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment