Home Editor's Picks KPU Tabalong Buka Pendaftaran Bacaleg Hingga Minggu 14 Mei 2023

KPU Tabalong Buka Pendaftaran Bacaleg Hingga Minggu 14 Mei 2023

by tabalong hari ini
0 comment

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabalong membuka pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) partai politik untuk DPRD Kabupaten Tabalong. Pendaftaran dibuka mulai dari Senin, 1 Mei 2023 hingga Minggu, 14 Mei 2023.

Pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) tersebut sesuai dengan PKPU Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.

Dalam PKPU tersebut secara umum terdapat beberapa mekanisme yang harus dilakukan untuk pendaftaran pengajuan bakal bacaleg untuk DPRD Tabalong.

Diantaranya, masing-masing pimpinan atau kader partai politik bisa langsung datang ke KPU Tabalong dengan membawa formulir B pengajuan parpol dan formulir B pengajuan bakal calon parpol, dan selanjutnya menyerahkan bukti fisik ke KPU serta menyampaikan syarat bakal calon dalam bentuk digital yang diunggah melalui silon.

Dalam pendaftaran tersebut, masing-masing parpol dapat mendaftarkan calonnya maksimal 30 bakal calon sesuai dengan jumlah kursi anggota DPRD Tabalong yang tersedia.

Ketua KPU Tabalong, Ardi menjelaskan bahwa pasca pendaftaran KPU Tabalong akan melakukan verifikasi untuk memastikan syarat dan ketentuan telah dipenuhi oleh masing-masing pendaftar.

“Kemudian selanjutnya setelah proses penerimaan bakal calon ini selesai pada 14 Mei tahun 2023, selanjutnya nanti kami akan melakukan verifikasi administrasi yang dimulai pada tanggal 15 Mei sampai nanti 23 Juni tahun 2023 untuk memastikan keabsahan dan kebenaran terhadap seluruh syarat-syarat yang disampaikan oleh partai politik pada saat pendaftaran,” ujar Ardiansyah, Ketua KPU Tabalong.

Baca Juga  Puluhan Personil Polres Tabalong Amankan Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024

Selain itu, Ardiansyah menambahkan bahwa pihaknya juga menyediakan media center untuk memberikan fasilitas konferensi pers kepada para parpol pasca melakukan pendaftaran.

Diketahui hingga Rabu, 3 Mei 2023, dari 18 partai politik peserta Pemilu 2024 di Tabalong, baru terdapat 5 partai politik yang telah menyampaikan jadwal pendaftaran, yaitu Partai Nasdem tanggal 5, Partai Gelora tanggal 7, Partai PKS tanggal 8, serta Partai PAN dan Partai PPP tanggal 12 Mei 2023.

(Gazali Rahman/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment