Home Tabalong Hari IniPemerintahan Paman Birin Ajak Bupati/Walikota Bergerak Bersama Lanjutkan Pembangunan

Paman Birin Ajak Bupati/Walikota Bergerak Bersama Lanjutkan Pembangunan

by Muhammad Rais
0 comment

Pada momen Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-73, Pemerintah Provinsi Kalsel mengajak pemerintah kabupaten dan kota se-Kalsel untuk membangun Banua secara bersama-sama. Diharapkan semua pihak aktif guna mewujudkan kesejahteraan daerah lebih baik lagi.

Puncak Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-73 digelar pada Selasa, 15 Agustus 2023, di halaman Kantor Gubernur Lama, Taman Siring Nol Kilometer Banjarmasin. Acara puncak ini diadakan satu hari setelah Hari Jadi Provinsi Kalsel yang jatuh pada tanggal 14 Agustus.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, tampak hadir dalam acara puncak Hari Jadi Provinsi Kalsel ke-73. Pada momen ini, Bupati Anang menerima 2 penghargaan, yaitu Terbaik Dua Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tingkat Provinsi Kalsel tahun 2022 dengan skor 2,91 dan status kinerja sedang.

Serta penghargaan kabupaten dengan status Desa Mandiri Terbanyak tahun 2023 se-Kalsel dan peringkat 69 dari 434 kabupaten se-Indonesia. Prestasi ini diraih dengan capaian 41 desa mandiri, 72 maju, dan 8 berkembang.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan Hari Jadi ke-73 ini menjadi momentum untuk meningkatkan semangat persatuan, persaudaraan, dan kegotongroyongan membangun daerah. Semua pihak diharapkan tetap aktif bersama-sama guna mewujudkan kesejahteraan daerah lebih baik lagi.

Sahbirin juga menuturkan bahwa Hari Jadi Provinsi diperingati setiap tahun sebagai bentuk rasa syukur, perenungan, penghayatan, dan rasa bangga atas perjuangan para pendahulu. Oleh karena itu, ia mengajak pemerintah kabupaten-kota mengukuhkan kesadaran dan kekompakan, agar bergerak bersama melanjutkan pembangunan daerah.

Baca Juga  Desember 2023, Inflasi Tabalong Kembali Masuk 10 Terendah Se-Indonesia

“Banyak agenda dan program pembangunan untuk kita lanjutkan, sinergi antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota harus kita tingkatkan. Hari ini momentum Hari Jadi ini kita jadikan inspirasi untuk membangun Banua secara bersama-sama, membangun daerah kabupaten/kota sesungguhnya kita membangun provinsi yang kita cintai ini, membangun provinsi ini sejatinya membangun Indonesia.” ujar Sahbirin Noor, Gubernur Kalimantan Selatan.

Sahbirin menilai saat ini pembangunan Provinsi Kalsel berada di jalur yang tepat, terbukti dengan pertumbuhan ekonomi daerah yang cukup stabil dan positif. Selain itu, inflasi bisa dikendalikan, UMKM pulih dari pandemi COVID-19, serta peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang bagus.

Disebutkan IPM Kalsel berada di angka 71,84 pada tahun 2023. IPM mencerminkan keberhasilan pembangunan sektor pendidikan, ekonomi, dan kesehatan. Hal ini juga dibarengi keberhasilan dalam percepatan menurunkan angka stunting di berbagai daerah.

Sementara itu, pada sektor perkebunan, peternakan, dan tanaman pangan, produktivitas beras Kalsel masih mengalami surplus. Pemprov Kalsel pun berupaya menuju swasembada daging dengan mengembangkan Program SISKA KUINTIP, sistem integrasi kelapa sawit sapi berbasis kemitraan usaha ternak inti plasma.

Pembangunan infrastruktur juga terus ditingkatkan oleh Pemprov Kalsel, baik infrastruktur yang mendukung sarana prasarana dan perekonomian daerah, maupun infrastruktur yang membuka akses antarwilayah dan kawasan. Salah satu contohnya adalah pembangunan jalan lintas tengah Banjarbaru – Batulicin.

Baca Juga  60 Anak di Wilayah Selatan Jadi Sasaran Program Sunat Masal Baznas

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment