Home Tabalong Hari Ini Mendongeng Wayang Kertas Jadi Cara YABN Tingkatkan Literasi Siswa

Mendongeng Wayang Kertas Jadi Cara YABN Tingkatkan Literasi Siswa

by Muhammad Rais
0 comment

Yayasan Adaro Bangun Negeri mengajari puluhan siswa SD Negeri Dua Pembataan belajar mendongeng menggunakan wayang kertas. Kegiatan pembelajaran tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan literasi siswa, sehingga kelak siswa diharapkan dapat tumbuh dan mandiri.

Kegiatan pembelajaran mendongeng dengan wayang kertas dilaksanakan Yayasan Adaro Bangun Negeri atau YABN pada Rabu, 1 November 2023, di Perpustakaan YABN, Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Kegiatan pembelajaran ini diikuti 33 siswa kelas enam-C SD Negeri Dua Pembataan, terdiri dari 16 laki-laki dan 17 perempuan.

Pembelajaran diawali oleh staf YABN yang menceritakan dongeng menggunakan wayang kertas.

Kemudian 33 siswa dibagi ke dalam 5 kelompok. Setiap kelompok memilih satu buku cerita, lalu mengulas dan mempelajari cerita serta tokohnya.

Usai mengulas cerita, anggota kelompok berbagi tugas membuat wayang kertas dengan cara menggambar dan mewarnai tokoh wayang. Lalu menempelkannya menggunakan lem ke stik es krim.

Kemudian setiap kelompok maju ke depan secara bergantian, mendongengkan cerita pilihan mereka menggunakan media wayang kertas yang telah dibuat.

Nampak semua siswa antusias mengikuti pembelajaran ini, baik yang mendongeng maupun mendengarkan dongeng.

You Might Be Interested In
Baca Juga  Kearsipan Daerah Terintegrasi Dengan Pusat Melalui "Srikandi"

Staf Adaro Nyalakan Ilmu YABN, Erwina Nur Maharani, mengatakan pembelajaran disampaikan secara menyenangkan layaknya bermain, dan diberi hadiah agar menarik perhatian siswa terhadap literasi. Sehingga kelak siswa diharapkan dapat tumbuh dan mandiri dengan bekal pembelajaran yang diberikan.

“Kita juga pengen sih harapannya anak-anak itu tumbuh jadi pribadi yang percaya diri ya. Jadi kita semangatin mereka buat maju ke depan, buat berani bercerita gitu, walaupun berkelompok tapi kan paling nggak kita mengajar mereka tuk percaya diri,” ujar Erwina Nur Maharani, Staf Adaro Nyalakan Ilmu YABN.

Wali Kelas Enam-C SD Negeri Dua Pembataan, Ahmad Sabrani, mengapresiasi pembelajaran yang dilaksanakan YABN ini, karena dinilai mampu membangkitkan kreativitas dan motivasi siswa. Selain itu, siswa juga menjadi lebih aktif, giat, terampil dalam berbahasa, dan lebih terarah berkomunikasi.

“Melihat dari anak-anak itu antusias sekali dalam mengikuti kegiatan di YABN ini, sehingga anak-anak itu yang biasanya pasif karena adanya kelompok seperti ini dia lebih kreatif dan aktif. Jadi mudah-mudahan anak kami kedepannya bukan hanya disini aktif, tapi juga di dalam kelas untuk pembelajaran selanjutnya,” kata Ahmad Sabrani, Wali Kelas 6C SDN 2 Pembataan.

Ahmad Sabrani menuturkan pihaknya akan melanjutkan pembelajaran mendongeng seperti ini, dan menampilkan hasil karya wayang kertas buatan siswa di sekolah. Ia pun berharap ada kreasi baru dalam pembelajaran serupa, supaya anak termotivasi belajar baik di sekolah maupun diluar sekolah.

Baca Juga  Bupati Anang Ajak Seluruh Pihak Terlibat dalam Kesiapsiagaan Karhutla

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment