Home Tabalong Hari Ini Kepala Desa Harap Jalan di Panaan Ditingkatkan

Kepala Desa Harap Jalan di Panaan Ditingkatkan

by Muhammad Rais
0 comment

Kepala Desa Panaan, Abdul Somad, berharap pemerintah daerah turut meningkatkan infrastruktur jalan menuju desa terpencil di Kecamatan Bintang Ara. Pasalnya, jalan menjadi salah satu faktor utama untuk menggairahkan perekonomian masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Desa Panaan, Abdul Somad, dalam sambutannya saat kegiatan penyaluran atau pengaktifan listrik desa pada Sabtu, 30 September 2023, di Dusun Meho, Desa Panaan, Kecamatan Bintang Ara, Kabupaten Tabalong. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Abdul Somad mengatakan bahwa terdapat dua faktor yang memengaruhi perkembangan desa terpencil, yaitu permasalahan listrik dan infrastruktur berupa jalan. Terkait permasalahan listrik, menurutnya, saat ini hampir selesai karena telah dibangun jaringan listrik menuju Desa Panaan, Dambung Raya, dan Hegarmanah oleh PLN. Bahkan, Dusun Meho, yang merupakan bagian dari Desa Panaan, kini telah dialiri listrik PLN.

Sementara itu, terkait infrastruktur jalan, pihaknya terus berharap kepada pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kualitas jalan. Ini penting karena hampir seluruh jalan menuju tiga desa terpencil di Bintang Ara dalam kondisi rusak parah.

“Factor di wilayah ini jalan dan lampu, pak. Nah, sekarang lampu sudah mulai menyala dan pemasangan tiang sudah lewat pada Panaan, dan selanjutnya lagi masalah jalan. Karena di situ menyangkut ekonomi, pak. Contohnya, harga gabah. Kalau harga gabah Rp 8.000 di Panaan, dijual Rp 6.000-6.500. Kenapa? Karena faktor transportasinya begitu juga teman-teman di Dambung Raya,” ungkap Abdul Somad, Kepala Desa Panaan.

Baca Juga  Jelang Pemilu 2024, Ratusan WBP di Rutan Diusulkan Sebagai Pemilih

Menyikapi hal itu, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, menyatakan bahwa meski masa jabatannya sebagai kepala daerah tinggal kurang lebih 3 bulan lagi, APBD tahun 2024 masih menjadi tanggung jawabnya. Oleh karena itu, usulan peningkatan jalan di desa terpencil menjadi perhatian utama pemerintah Kabupaten Tabalong.

“Sebagai penghargaan kepada orang meho yang sabar ikhlas dan tulus insyaAllah, supaya kekanakan yang ulun salami tadi tahu bahwa aspal itu warnanya hirang maka jalan yang di sepanjang meho yang ada di depan kita ini paling lambat perubahan APBD 2024 akan kita aspal” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Bupati Anang menambahkan bahwa rencana peningkatan jalan akan dilakukan di seluruh desa terpencil yang ada di Kecamatan Bintang Ara.

Diharapkan ke depan, seluruh akses jalan ke desa terpencil tersebut semakin baik dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: RulyandiTop of Form

You Might Be Interested In
Baca Juga  Lurah Pembataan Minta PKL Halaman Stadion Tidak Gelar Dagangan Secara Permanen

Related Articles

Leave a Comment