Home Tabalong Hari Ini Baznas Tabalong Salurkan 1 Milyar Lebih Dana ZIS Melalui Berbagai Program

Baznas Tabalong Salurkan 1 Milyar Lebih Dana ZIS Melalui Berbagai Program

by Muhammad Rais
0 comment

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tabalong berhasil menyalurkan 87 persen dana penghimpunan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) di tahun 2023. Dana tersebut disalurkan melalui berbagai bidang.

Sebesar 1,1 miliar rupiah dana ZIS yang berhasil dihimpun BAZNAS Tabalong di tahun 2023 disalurkan kepada mustahik. Penyaluran tersebut terbagi dalam 5 bidang seperti bidang kemanusiaan sebesar 556 juta rupiah melalui program paket sembako bulanan bagi duafa, bantuan RTLH, bantuan pasca bencana, paket Ramadan, bantuan untuk ibnu sabil, dan biaya hidup.

Bidang kesehatan sebesar 283 juta rupiah melalui program ibu hamil sehat, bantuan pengobatan, bantuan makanan tambahan untuk anak stunting, dan khitanan massal. Bidang pendidikan 73 juta rupiah melalui program bantuan non-beasiswa, bantuan peralatan sekolah, serta bantuan pendidikan dalam negeri dan luar negeri.

Bidang ekonomi sebesar 181 juta rupiah melalui program Z-Mart, bantuan modal usaha, dan gerobak berkah BAZNAS. Bidang dakwah-advokasi sebesar 57 juta rupiah melalui program pembinaan muallaf, biaya syiar dakwah, dan bantuan sarana dakwah.

“Dari dana zakat yang terkumpul, kita bisa memaksimalkan dana itu untuk mengangkat masyarakat miskin, karena dana yang kita salurkan ini sesuai dengan program-program yang telah kita tetapkan. Ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan mereka. Tidak selamanya mereka harus menerima bantuan dari dana zakat itu. Dengan cara kita memberikan permodalan dalam rangka mereka berusaha, diharapkan dengan bantuan yang memadai itu, mereka bisa mengembangkan usahanya.” ujar Mardani, Ketua BAZNAS Tabalong

Baca Juga  Peringati Hari Pahlawan, SDN 2 Pembataan Gelar Karnaval

Diketahui, di tahun 2023, BAZNAS Tabalong berhasil menghimpun dana ZIS sebesar 1,3 miliar rupiah atau mencapai 88 persen dari target sebesar 1,5 miliar rupiah. Dari total dana yang dihimpun, sebanyak 457 juta rupiah bersumber dari zakat dan 864 juta rupiah bersumber dari infaq.

Penghimpunan dana ZIS tersebut meningkat sekitar 700 juta rupiah dibanding tahun 2022 lalu yang hanya terealisasi sebesar 547 juta rupiah dari target 1,2 miliar rupiah.

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment