Home Tabalong Hari Ini Pantau Harga Bapokting Selama Ramadan, TPID Tabalong Sidak Pasar

Pantau Harga Bapokting Selama Ramadan, TPID Tabalong Sidak Pasar

by Muhammad Rais
0 comment

Guna memastikan stabilitas harga dan ketersediaan bapokting selama Ramadan, TPID Tabalong melakukan pemantauan ke Pasar Tanjung. Dari hasil pantauan, komoditas ayam ras, telur, cabe rawit, dan bawang prei mengalami kenaikan harga.

Tim Pengendali Inflasi Daerah, atau TPID Tabalong, menggelar sidak pasar guna memantau stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok dan barang penting, atau bapokting, selama Ramadan, pada Rabu, 20 Maret 2024, di Pasar Tanjung.

Berdasarkan hasil pemantauan, dilaporkan secara umum terjadi kenaikan harga pada komoditas produk peternakan, dari 250 hingga 500 rupiah. Komoditas yang naik adalah harga rata-rata ayam ras menjadi 24.750 rupiah per kilogram, telur ayam ras 32.500 rupiah per kilogram, telur ayam kampung 2.750 rupiah per butir, dan telur itik 3.100 rupiah per butir.

Komoditas sayuran-hortikultura juga mengalami kenaikan harga, yaitu cabe rawit merah 95.000 rupiah per kilogram atau naik 7.500 rupiah, cabe rawit hijau 85.000 rupiah per kilogram atau naik 10.000 rupiah, dan bawang prei 50.000 rupiah per kilogram atau naik 2.500 rupiah.

“Mungkin permintaan di bulan Ramadan ini cukup meningkat jadi harga pun turun naik. Sedangkan sayur-sayur yang lain masih terbilang stabil,” ujar Noviana Eredha, Kabid Perdagangan & Kemetrologian DKUKMPP Tabalong.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong selaku Ketua Harian TPID Tabalong, Norzain Ahmad Yani, mengatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan melaksanakan kegiatan yang membantu masyarakat ditengah kenaikan harga bapokting, seperti operasi pasar murah. TPID juga akan lebih rutin melakukan pemantauan pasar menjelang Lebaran nanti.

Baca Juga  Ta’mir Ramadan SMANDUTA, dari Bukber hingga Berbagi Ribuan Takjil

“Ya khususnya untuk menjelang hari Lebaran ini kami akan sering lagi memantau pasar, memastikan bahwa harga-harga itu walaupun naik tapi masih batas wajar. Tapi misalnya terjadi kenaikan harga yang terlalu tinggi, tentunya kita akan melakukan intervensi pasar,” ujar Norzain A. Yani, Ketua Harian TPID Tabalong.

Selain kenaikan harga, sejumlah komoditas juga mengalami penurunan harga, yakni sayuran-hortikultura berupa cabe merah biasa dan cabe merah keriting sama-sama di kisaran harga 65.000 rupiah per kilogram atau turun 7.500 rupiah, cabe rawit tiung 62.500 rupiah per kilogram atau turun 5.000 rupiah, dan bawang merah 30.000 rupiah per kilogram atau turun 1.000 rupiah. Sedangkan bawang putih relatif stabil di harga 42.500 rupiah per kilogram.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment