Tim Banggar Harap Pergeseran Anggaran Tak Pengaruhi Kinerja SKPD

by tabalong hari ini
0 comment

Badan Anggaran DPRD Tabalong, bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah Tabalong, melanjutkan pembahasan Raperda APBD Perubahan Tahun Anggaran 2022, pada 6 September 2022 ini. Dalam rapat ini membahas APBD perubahan di 3 SKPD yakni Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong, serta Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Hortikultura Tabalong.

Pada rapat ini, TAPD Tabalong menyampaikan pagu anggaran di 3 SKPD tersebut, yang mana 2 diantaranya mengalami perubahan. Ketua DPRD Tabalong sekaligus Ketua Banggar DPRD, Mustafa menjelaskan, perubahan anggaran yang dialami 2 SKPD tersebut dikarenakan adanya pergeseran anggaran ke SKPD lain. Untuk itu mustafa menilai, meskipun terjadi pergeseran di SKPD namun tidak berpengaruh terhadap kinerja SKPD yang bersangkutan.

“Memang sebagian SKPD ada pengurangan dan sebagian ada penambahan. Penambahan artinya bukan penambahan dana nya tapi penambahan kegiatan yg akan digeser yg tadinya tidak efisien di laksanakan kemarin kan namun digeser ke kegiatan lain. Dan masalah yg pengurangan itu sudah ada anjuran sekarang 2% pengurangan anggaran tapi tidak ada berpengaruh dengan kegiatan dan program teman-teman,” kata Mustafa.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua 1 DPRD Tabalong, Jurni. Ia menilai meski terjadi pergeseran anggaran, namun hal tersebut tidak mengurangi kualitas kinerja dari SKPD, terutama di program dan kegiatan untuk masyarakat.

‚ÄúTidak semua pengurangan itu artinya mengurangi kualitas kinerja pemerintah tidak karena pergeseran itukan banyak sifat nya oleh karena ada cuaca tidak bisa dikerjakan lalu harus digeser kesini, pergeseran itukan banyak macamnya jadi bukan digeser itu umpama kegiatan tidak prioritas bukan seperti cuma itu kadang-kadang tidak bisa dilaksanakan sedangkan sifat nya ini urgent,” katanya.

Pembahasan Raperda APBD Perubahan Tahun Anggaran 2022 ini, nantinya akan terus berlanjut, sehingga semua SKPD di Kabupaten Tabalong dapat dibahas oleh Tim Banggar DPRD Tabalong dan TAPD Tabalong, mengenai pagu anggaran yang akan digunakan untuk menjalankan program dan kegiatan SKPD.

Nova Arianti, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment