PT TPI Turut Ambil Peran Turunkan Angka Stunting Di Desa Kasiau

by tabalong hari ini
0 comment

Dukungan dan pembinaan PT Tanjung Power Indonesia, bagi Desa Kasiau Kecamatan Murung Pudak untuk penanganan kasus stunting, mendapat respon positif pemerintah desa dan para kader posyandu.

Kader Stunting Desa Kasiau, Rusmiaty mengatakan, posyandu kaca piring 2 yang menjadi sasaran pembinaan PT TPI ini menyasar sekitar 65 bayi balita dari 3 RT di Desa Kasiau. Ia menceritakan, awalnya antusias masyarakat untuk membawa anak nya ke posyandu masih kurang. Namun berkat adanya dukungan dari PT TPI, Rusmiaty mengatakan, antusias masyarakat untuk membawa anak nya ke posyandu kaca piring 2 kini meningkat, sehingga kasus stunting dapat mulai tertangani.

“Dengan adanya bantuan PT TPI ini kasus stunting di tempat kami menurun karena adanya tambahan PMT, kemudian juga dengan adanya kader stunting yang diberikan pelatihan sebelumnya untuk penanganan masalah stunting kita punya kader tersendiri yang melakukan pendekatan kepada warga termasuk kesadaran warga saat datang memeriksakan balitanya ke posyandu, untuk memperoleh pelayanan kesehatan seperti timbang tinggi badan, panjang badan, berat badan bayi dan balita. Juga ada konseling dari kader BKB untuk penanganan pendekatan pada keluarga balita,” tuturnya.

Respon positif juga disampaikan Kepala Desa Kasiau, Mujiono. ia mengatakan, program yang dijalankan PT TPI ini sejalan dengan program Pemkab Tabalong untuk mengatasi permasalahan stunting. Sehingga ia berharap, kerjasama ini dapat terus terjalin agar kasus stunting di desa ini dapat tertangani dan dapat dicegah.

“Pada intinya kami atas nama Pemerintah DESA kasiau Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong mengucapkan banyak-banyak terimakasih atas bantuan dan kerjasama dari PT TPI yang mana ini sangat sesuai dengan arahan pak Bupati Tabalong dalam rangka untuk penyelesaian stunting baik yang sudah ada ataupun kedepan nya supaya tidak lagi terjadi stunting khususnya di desa kami Kasiau yang kebetulan ring 1 nya PT TPI,” ucapnya

Mujiono berharap, PT TPI juga dapat membantu melakukan pemugaran bangunan posyandu, agar dapat memaksimalkan pelayanan. terlebih dengan tingginya antusias masyarakat ke posyandu saat ini.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment