Home Editor's Picks Disbunnak Kalsel dan Tabalong Gelar Monev Peternakan Kambing di Simpung Layung

Disbunnak Kalsel dan Tabalong Gelar Monev Peternakan Kambing di Simpung Layung

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan bersama Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi terkait peternakan kambing dan lahan pakan kambing di Kecamatan Muara Uya, Kamis 13 Maret 2023.

Kegiatan monitoring dan evaluasi ini ditujukan pada sejumlah kelompok tani yang ada di Desa Simpung Layung Kecamatan Muara Uya.

Monitoring dan evaluasi meliputi kondisi lahan untuk pakan ternak dan kondisi peternakan kambing. Dilakukan sebagai langkah Disbunnak Kalsel untuk mengevaluasi sekaligus merancang program kerja tahun 2024 mendatang.

Sekretaris Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan, Lisa Suryati, mengapresiasi antusias kelompok tani di Desa Simpung Layung dalam kegiatan monitoring ini. Ia menilai, semua pihak sangat aktif dalam mendukung berkembangnya peternakan di Desa Simpung Layung.

“Kalau saya menilai, saya pribadi menilai di sini adanya antusias dari kelompok tani yang luar biasa juga didukung dengan penyuluhnya, PPL-nya, yang aktif di sini. Jadi, ya, kerjasama mereka di sini menurut saya sangat baik,” ujar Lisa Suryati, Sekretaris Disbunnak Provinsi Kalsel.

Sementara itu, Fungsional Pengawas Bibit Ternak Ahli Muda Bidang Sarana Disbunnak Tabalong, Fahriadi, mengatakan, pengembangan peternakan kambing di Simpung Layung terbilang sukses. Pasalnya, dari 24 ekor kambing yang dibantu pemerintah daerah tahun 2019 lalu, kini telah berkembang biak hingga mencapai dua ratus ekor.

“Ini kita ini di tahun 2019 kita ada bantuan ternak kambing betina, semuanya jumlahnya ada 24 ekor. Diterima oleh satu kelompok, yaitu 12 ekor. Nah, 24 ekor di tahun 2019. Nah, jadi sampai sekarang ini telah berkembang ini sudah seratus lebih sudah per kelompok, jadi sudah sekitar dua ratusan perkembangannya.” ujar Fahriadi, Fungsional Pengawas Bibit Ternak Ahli Muda Bidang Sarana Disbunnak Tabalong.

Baca Juga  Penjualan Bahan Kue Meningkat Jelang Lebaran

Disbunnak Provinsi Kalimantan Selatan dan Disbunnak Tabalong berharap agar perkembangan peternakan di Kabupaten Tabalong dapat terus berkembang, sehingga kebutuhan konsumsi daging-dagingan dapat terpenuhi dengan maksimal.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment