48 Ribu Bibit Karet Disiapkan Untuk Peremajaan Karet

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong menerima 48 ribu 720 bibit karet pada 24 Oktober 2022 di Mabuun. Bibit karet ini merupakan hasil pengadaan Disbunnak Tabalong untuk program peremajaan karet.

Tidak seperti sebelumnya, bibit karet ini merupakan hasil budidaya pengusaha dari masingai dua, yang pengadaannya dilakukan  melalui E-Katalog. Pengadaan kali ini merupakan yang pertama kali dilakukan Disbunnak Tabalong melalui E-Katalog, karena sebelumnya pengadaan dilakukan melalui lelang.

“Bibit kita ambil dari penyedia di Tabalong juga melalui E-Kalatog, ini Alhamdulillah Disbunnak pertama menggunakan E-Kalatog sebelumnyakan lewat lelang, tapi hari ini kita bsa menggunakan E-Kalatog lokal,” kata Suhadi, Kabid Sarana Disbunnak Tabalong.

Bibit yang diterima oleh Disbunnak Tabalong kali ini ada dua jenis, yaitu bibit karet klon PB 260 seperti sebelumnya. Serta bibit karet klon IRR112 yang lebih kuat dalam penyakit gugur daun.

Bibit yang diterima Disbunnak Tabalong ini akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum dibagikan kepada 9 kelompok tani yang menjadi target peremajaan karet tahun ini. Penerima ini tersebar di 5 kecamatan, yaitu Jaro, Haruai, Tanta, Muara Harus dan Pugaan, dengan luas kebun karet 116 hektar.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment