Home Editor's Picks Pastikan Takaran BBM di SPBU Akurat, Begini Cara DiskopUKMPerindag…

Pastikan Takaran BBM di SPBU Akurat, Begini Cara DiskopUKMPerindag…

by tabalong hari ini
0 comment

Jelang mudik Lebaran, Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Tabalong melakukan pengawasan terhadap alat ukur takar timbangan dan perlengkapannya (UTTP) di sejumlah SPBU. Pengawasan dilakukan guna melindungi konsumen atas jaminan kebenaran hasil pengukuran SPBU.

Tiga stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang ada di jalur mudik Lebaran wilayah Tabalong didatangi tim Unit Metrologi Legal (UML) Diskop UKM Perindag Tabalong Kamis 6 Februari 2023. Adapun SPBU yang jadi target pengawasan ini adalah SPBU Mabuun, SPBU Gunung Batu, dan SPBU Maburai. Tim pastikan pompa ukur akurat. Dengan menggunakan alat ukur tera, setiap UTTP khususnya pompa ukur BBM di SPBU dicek dan diukur takaran BBM yang dikeluarkannya.

Sekretaris Diskop UKM Perindag Tabalong, Karmiani, yang memimpin pengawasan pengukuran tersebut mengatakan, “Dari hasil pengecekan, rata-rata SPBU memiliki takaran yang aman.”

“Untuk mengetahui keserasian atau kestabilan antara konsumen dengan SPBU sendiri, jadi mudah-mudahan menjelang hari raya Idul Fitri ini SPBU dan konsumen sama-sama mendapatkan kepuasan, jadi tidak saling merugikan.” ujar Karmiani, Sekretaris Diskop UKM Perindag Tabalong.

Sementara itu, pengawas SPBU Mabuun, Irwin Sahrianadi, mengatakan pihaknya selalu siap jika terjadi sidak pengukuran seperti saat ini. Pasalnya, dirinya yakin minyak yang dijual kepada pelanggan betul-betul pas.

“Kalau SPBU tidak jadi masalah karena program kami mengikuti program pasti pas, jadi takaran kami sesuai standar takaran Pertamina di bawah toleransi standarnya Disperindag lah, jadi kalau ada sidak atau pemeriksaan ini, kami tenang aja, aman aja,” ujar Irwin Sahrianadi, Pengawas SPBU Mabuun.

Baca Juga  Perjuangkan Percepatan Listrik di Desa Terpencil, Komisi III DPRD Temui Jajaran Kementerian ESDM

Selain pengecekan takaran BBM yang dijual SPBU, tim Unit Metrologi Legal juga melakukan cek terhadap segel mesin pompa BBM baik mesin analog maupun digital serta memeriksa stiker Tera atau Tera ulang yang telah dilakukan oleh Diskop UKM Perindag Tabalong.

(Gazali Rahman/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment